Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Pasaman Gencar Sosialisasi

  • Whatsapp
Panwaslu. (*)

LUBUK SIKAPING – Menyongsong dihelatnya pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pasaman pada 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman gencar melakukan tahapan persiapan.

Kesibukan luar biasa memang terlihat di Bawaslu Pasaman akhir-akhir ini. Selain telah dan akan terus melakukan sosialisasi ke berbagai unsur dan stakeholder yang ada di Pasaman, Bawaslu kini juga tengah mengadakan seleksi penerimaan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di labor komputer SMAN 2 Lubuk Sikaping.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Rini Juwita, Minggu (15/12) menjelaskan, jajaran Bawaslu Pasaman telah bertekad untuk menciptakan pemilukada Pasaman yang damai, berintegritas dan bersih, sembari berupaya menekan dan meminimalisir kecurangan. Karena tujuan pengawasan pemilu adalah untuk memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas, serta terlaksananya peraturan perundang-undangan mengenai pemilu secara menyeluruh.

“Intinya, kami di bawaslu ingin menciptakan pemilu yang demokratis dan berintegritas, serta mewujudkan penyelenggara pemilu yang kredible dan transparan, dan tentunya akuntabilitas hasil pemilihan,” ujar Rini Juwita, didampingi dua komisioner lainnya, Mesrawati dan Kristian.

Mesrawati memaparkan, peserta yang mendaftar ikut seleksi Panwascam Kabupaten Pasaman berjumlah 176 orang. Peserta akan mengikuti dua sesi ujian, yakni tes tertulis berbentuk online socrative, dan lanjut ke tahapan ujian wawancara yang dilakasanakan oleh ketua dan anggota Bawaslu Pasaman.

“Ujian secara online dan tes wawancara dilaksanakan selama satu hari penuh, dan kemungkinan akan berlangsung hingga tengah malan nanti,” ujar Mesrawati.

Sekretaris Bawaslu Pasaman, Refki Mufliza menyebutkan, hasil seleksi penerimaan panwascam hari ini, akan diumumkan serentak di media cetak dan online pada 18 Desember depan. (yolan)

Pos terkait