Jelang Pilgub, Pemkab Mentawai Fasilitasi 260 PPDP Jalani Rapid Tes

  • Whatsapp

Mentawai – Jelang Pemilihan umum Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020, Pemkab Kepulauan Mentawai siap memfasilitasi 260 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan menyediakan rapid tes gratis di 15 puskesmas.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake menyebutkan, fasilitas tersebut diberikan untuk menjamin berlangsungnya tahapan Pilgub di Kepulauan Mentawai yang sesuai dengan protokol kesehatan.
“Pemkab Mentawai siap memfasilitasi 260 PPDP di 10 kecamatan, jadwalnya nanti disesuaikan, yang pastinya rapid tes dilakukan sebelum tahapan pencocokan data diselenggarakan. Kita siap dukung berlangsungnya Pemilihan umum Gubernur Sumbar 2020 ini, yang tetap menjaga protokol kesehatan, memastikan petugas di lapangan benar-benar menunjukkan hasil non reaktif,” kata Kortanius kepada sejumlah media di Sekretariat Daerah Mentawai, Rabu (1/7).

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai, Eki Butman. Dia menyebutkan, selain untuk meyakinkan diri secara institusi, KPU juga berupaya meyakinankan masyarakat sebagai pemilih, bahwa pemilihan umum di Mentawai benar-benar aman dari penularan covid-19.

“Kita siap membuktikan bahwa pemilihan ini benar-benar aman, sesuai dengan protokol kesehatan. Pertama kelengkapan APD dan semua petugas wajib rapid, ini merupakan bagian dari keyakinan KPU dan meyakinkan masyarakat bahwa kita siap menyelenggarakan pemilihan,” ujar Eki.

Pilgub Sumbar akan dilaksanakan pada Rabu, 9 Desember mendatang. Sejauh ini, untuk kegiatan pemutkhiran data pemilih, Mentawai dan Dharmaraya dua daerah yang memfasilitasi PPDP pada kegiatan tersebut. (Ricky)

Pos terkait