Jelang ke Tanah Suci, JCH Padang Panjang Kembali Jalani Bimbingan Manasik

PADANG PANJANG–Jelang keberangkatan ke tanah suci pada 2 Juli mendatang, Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Padang Panjang kembali diberikan bimbingan manasik haji oleh pemko dan kankemenag setempat. Manasik dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (22-23/6) di Masjid Islamic Center.
Adapun narasumber dalam bimbingan ini langsung H. Alizar Chan Dt. Sindo Nan Tongga. Pejabat yang akrab disapa Buya ini punya banyak pengalaman membimbing jemaah haji, bahkan ia pernah menjadi pembimbing ibadah kloter.
Kabag Kesra Setdako, Erwina Agreni menyampaikan, kegiatan merupakan bagian dari rangkaian bimbingan manasik haji yang sudah berjalan sebelumnya sejak 23 Mei lalu.
“Khusus kali ini difasilitasi Pemko Padang Panjang melalui Bagian Kesra Setdako. Hari ini akan ada agenda praktik yang dilengkapi dengan beberapa alat peraga,” kata Reni, panggilan akrab Erwina Agreni di sela-sela kegiatam, Kamis (23/6).
Sementara itu, Kasi PHU Kemenag, Endang Sriyani menyebutkan, rangkaian kegiatan ini direncanakan akan ditutup pada Jumat (24/6) ini oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kasi Bina Haji dan Umrah Kanwil serta staf Subdit Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.
Dijelaskannya, bimbingan manasik ini dilaksanakan sebanyak delapan kali  pertemuan. “Enam kali pertemuan difasiltasi Kemenag dan dua kali pertemuan difasilitasi Pemko. Masih ada satu kali pertemuan lagi pada hari Jumat, sebagai  penutup dari semua rangkaian bimbingan manasik bagi JCH Kota Padang Panjang sebelum berangkat ke tanah suci,” ungkapnya. (Jas)