Jasindo Turut Bangun Kepulauan Mentawai, Percepatan untuk Bangkit

oleh
Jasindo turut bangun Kepulauan Mentawai, percepatan untuk bangkit. Ist

 

PADANG- PT. Asuransi Jasindo salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut ambil bagian dalam membangun Kepulauan Mentawai, guna percepatan bangkit daerah tertinggal itu.

Sumbangsih yang diperlihatkan secara nyata oleh PT. Jasindo dengan menyisihkan dana bantuan Bina Lingkungannya membangun klinik kesehatan dan satu titik prasarana air bersih bagi masyarakat Mentawai khususnya di Dusun Siberut.

Kepedulian itu, secara simbolis bantuan diserahterimakan oleh manajemen PT. Jasindo yang diwakili Kepala Biro PKBL Jasindo, Reni Rizal kepada Pimpinan Yayasan Aksi Peduli Bangsa (YAPB), Arifin Jayadiningrat di sela sela acara Seminar Nasional Kebangkitan Pemuda yang diselenggarakan di Kota Padang, Minggu, (28/10).

Kegiatan seminar nasional pada momentum peringatan Sumpah Pemuda itu, diikuti peserta sekitar 1000 orang dari kalangan mahasiswa asal Mentawai dan mahasiswa Padang lainnya .

Reni menyampaikan, sebagai salah satu BUMN yang mengemban misi sebagai Agen Pembangunan (Agent Of Development), Asuransi Jasindo konsisten dalam memberikan bantuannya guna pembangunan negeri ini.

“Mungkin belum banyak masyarakat yang terinfo bahwa masih ada saudara-saudara kita di wilayah Kepulauan Mentawai yang kehidupannya serba kekurangan bahkan cenderung Miskin,” ujarnya.

Bahkan, dari informasi tim YAPB, masih ada mereka tidak mengenal pakaian sebagaimana biasa dikenakan umumnya masyarakat.

Selain itu, sebagian dari masyarakat di Kepulauan Mentawai, dalam menghidupi dirinya dengan berburu dan menangkap ikan dengan alat apa adanya.

“Prihatinnya lagi, minum sehari hari hanya mengandalkan air hujan ataupun sungai yang tentu saja tidak terjamin Hygienisnya,” ujarnya.

Selain itu, di bidang pendidikan adalah hal yang tidak pernah tersentuh oleh mereka sesuai harapan dan layak generasi lainnya.

Justru itu, dalam rangka membangun wilayah dan masyarakat Kepulauan Mentawai untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, PT. Asuransi Jasindo ikut peduli dengan menyisihkan dana bantuan Bina Lingkungannya.

Pihaknya berharap adanya bantuan dari sejumlah perusahaan atau lembaga lainnya, hendaknya dapat untuk meringankan dan solusi terhadap keadaan dihadapi masyarakat daerah terdepan tersebut, khususnya di daerah Siberut.

Bantuan yang dikucurkan Jasindo itu, secara teknis opersionalnya di Kepeluan Mentawai akan dikelola oleh manajemen YAPB yang selama ini konsisten dalam mengawal pembangunan di Kepulauan Mentawai, sejak 2013.

Dalam kesempatan yang sama Pimpinan YAPB, Arifin Jayadiningrat menyatakan bahwa dukungan dari sejumlah BUMN, termasuk Asuransi Jasindo sangat membantu sekali menyelesaikan masalah dihadapi masyarakat Mentawai.

Dijelaskan Arifin, proses pengerjaan proyek-proyek kemanusian dan kepedulian itu tanpa tidak diserhkan ke pihak rekanan. Namun, langsung dikerjakan tim bersama sejumlah pekerja dan tenaga ahli disain yang didatang dari pulau Jawa.

“Kita kerjakan sendiri, dan mendatangkan jasa tenaga tukang dan disain yang berpengalaman dari Jawa, termasuk material bangunan dari Padang, sehinggan kualitas tercapai sesuai harapan,”ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk proyek kemanusian sektor air bersih saat ini masih proses untuk dua titik di antaranya berada di desa Silapak, Siberut Selatan.

“Beberapa bantuan beasiswa ada juga dikucurkan BUMN sejak beberapa tahun ini. Bahkan, ada salah satu donator dari lembaga luar negeri,” katanya. (107)

Loading...