Jangan Ada Money Politics di Pilkada Pasbar

  • Whatsapp
Calon Bupati Pasbar H. Maryanto bersama pendukungnya. (ist)

SIMPANG EMPAT – Calon Bupati Pasaman Barat (Pasbar) H. Maryanto dan Calon Wakil Bupati Yulisman yang dikenal dengan sebutan M-Yu meminta masyarakat Pasbar yang memiliki hak pilih tidak tergoda dengan praktik politik uang (money politics) di Pilkada 2020.

“Setiap anak nagari yang punya hak pilih dapat menentukan pilihannya secara mantap dan sesuai hati nurani di Pilkada Pasbar yang akan digelar pada 9 Desember mendatang,” ujar Maryanto yang didampingi Yulisman di Simpang Empat, beberapa waktu lalu.

Pasangan Cabub dan Cawabup nomor urut 2 (dua) yang dikenal dengan taglinenya “Insya Allah Bisa” ini melihat, selama ini penyelenggaraan pemilu maupun pilkada rawan dengan praktik politik uang.

“Politik uang adalah sebuah bentuk pelanggaran kampanye yang harus dihindari untuk tercapainya demokrasi dan pilkada yang baik,” tegas Maryanto.

Menurut Maryanto dan Yulisman, dalam momen seperti saat sekarang ini, Pilkada Serentak 2020 di tengah ancaman wabah Covid-19, politik uang merupakan alat kampanye yang dapat mencederai demokrasi.

”Mestinya, kecerdasan intelektual dan keshalehan pribadi menjadi tolak ukur kelayakan bagi calon kepala daerah,” katanya.

Maryanto menekankan, seluruh calon kepala daerah termasuk dirinya bersama Yulisman sebagai peserta pilkada harus bersikap dewasa dan menjunjung tinggi kejujuran dalam demokrasi.

Yulisman juga menilai masyarakat Pasbar sudah cerdas dalam menentukan pilihan, dan memahami kehidupan berdemokrasi, termasuk demokrasi di Pilkada Pasbar.

Maryanto menambahkan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar prilaku politik haram itu bisa diberantas hingga tuntas. Pertama, hukum harus ditegakkan. Kedua, tak cukup dengan upaya penegakan hukum dan memperkuat budaya taat aturan di semua lapisan masyarakat. Ketiga, perekonomian masyarakat harus diperbaiki. Selanjutnya, sektor pendidikan harus terus ditingkatkan untuk memberantas kebodohan.

Program

Dalam programnya, pasangan Maryanto – Yulisman yang didukung banyak pihak dan kaum milenial di Pasbar ini telah menawarkan visi “Pasaman Barat Lebih Maju, Berprestasi dan Bermartabat.”

Maryanto dan Yulisman juga memiliki beberapa misi seperti pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang bersih, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperkuat kemandirian ekonomi beserta menggerakkan sektor unggulan daerah, kualitas kehidupan beragama dan bermasyarakat, mewujudkan kondisi masyarakat yang aman, tentram dan dinamis.(006)

Related posts