Jalur KA Sawahlunto-Muarokalaban Awal Desember Dioperasikan

Lokomotif uap Mak Itam yang menjadi salah satu icon Sawahlunto tengah menyusuri rel kereta api.(dok.armadison)

SAWAHLUNTO – Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muarokalaban rencana dioperasikan awal Desember mendatang. Tepatnya 1 Desember di hari jadi Sawahlunto ke-134.

“Kita upayakan di Hari Jadi Sawahlunto nanti, jalur perkeretaapian ini sudah bisa dioperasikan sejalan dengan selesai nya perbaikan lokomotif Uap Mak Itam,” kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo kepada Singgalang, Jumat (1/7).

Dirut Didiek Hartantyo hadir di Museum Kereta Api Sawahlunto dalam suatu acara seremonial dimulai perbaikan jalur kereta api Sawahlunto-Muarokalaban. Dirut PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) juga berjanji menyediakan lokomotif pendamping bagi Mak Itam.

Sementara itu Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informatika Kementerian BUMN, Tedi Bharata yang juga hadir mengatakan, kembalinya beroperasi perkeretaapian di jalur sepanjang 4 kilometer ini, secara tidak langsung menghidupkan pariwisata Sawahlunto.

“Justru itu, kita melibatkan sejumlah BUMN, yakni PT Semen Indonesia Grup, PT Pupuk Indonesia dan PT Biofarma untuk mengambil peran,” ujar Tedi Bharata.

Anggota Komisi VI DPR, Andre Rosiade juga mengapresiasi perbaikan jalur kereta api Sawahlunto-Muarokalaban. Andre mengatakan, PT KAI dan Kementerian BUMN mendengarkan aspirasi dari daerah. Lanjutan dari semua itu, Menteri BUMN Erick Tohir membentuk project management officer (PMO) yang melibatkan sejumlah BUMN dalam mempercepat mengembangkan infrastruktur.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Ambun Kadri, di 2023 mendatang perbaikan jalur kereta api yang akan dilintasi Mak Itam tidak hanya Sawahlunto-Muarokalaban, tetapi terus ke Silungkang.

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata dan pimpinan BUMN lainnya dengan naik lori melihat jalur kereta api yang akan diperbaiki.(cong)