Inovasi Kota Pariaman Setiap Tahun Meningkat

  • Bagikan

PARIAMAN – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (BPP Kemendagri) RI, Agus Fatoni, jadi narasumber Rakor Kelitbangan tentang inovasi daerah di Kota Pariaman.

Rakor digagas Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pariaman dengan tema “Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan dan Peningkatan Daya Saing Daerah” di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, di aula balaikota, Sabtu (19/6).

Dikatakannya, Kota Pariaman sudah cukup baik, dimana ada peningkatan setiap tahunya terkait inovasi daerah, dimana pada tahun 2018 dan 2019 memperoleh predikat kurang inovatif dan berada di rangking 46 dan naik 43 tahun selanjutnya, pada 2020 lalu, mendapatkan predikat Sangat Inovatif sehingga mendapat penghargaan, baik Piala dan Piagam, serta menduduki rangking 24 Nasional.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya inovasi di daerah, maka nantinya akan meningkatkan Indeks Inovasi Daerah.

“Inovasi merupakan kebutuhan daerah yang harus kita lakukan, karena itu, kita Pegawai yang merupakan bagian dari Pemerintah Daerah, dituntut untuk memiliki Kompetensi, Komitmen dan Kekompakan,” tuturnya.

Diungkapkannya, Kota Pariaman sudah banyak melakukan berbagai inovasi, tetapi ada yang belum terdata dan tercatat. Ini menjadi tugas dari OPD bersangkutan untuk melengkapi hal tersebut, dan kepada OPD dan instansi, agar membuat inovasi inovasi baru, yang dapat mengangkat Indeks inovasi daerah dan peringkat Kota Pariaman nantinya. (agus)

  • Bagikan