HUT RI ke-75, 1000 Merah Putih Berkibar di Dharmasraya

  • Whatsapp

Dharmasraya – Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75, Koramil 03 / PP, Kabupaten Dharmasraya kibarkan 1000 bendera merah putih. Pengibaran 1000 bendera ini adalah untuk mengajak masyarakat bersyukur atas kemerdekaan Indonesia.

Jajaran TNI ini mengibarkan bendera ke rumah- rumah warga yang belum memiliki tiang bedera di wilayah Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya, Jumat (14/8).

Danramil 03/PP ,Mayor CaJ (K) Tuti Andayani mengatakan, pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus menjadi tanda lahirnya negara baru Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Nagari Gunung Medan, dan juga dilanjutkan oleh Babinsa di nagari binaan masing- masing Babinsa.

“Ini adalah sebagai wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia, kita sebagai bangsa yang lahir dan hidup di bumi Indonesia terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih pada bulan Agustus,” ungkap Mayor CaJ (K) Tuti Andayani kepada Topsatu.com di sela- sela kegiatan itu.

Katanya, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah. Dengan mengetahui sejarah, menjadi tahu asal-usul bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan Indonesia harus diperjuangkan dengan persatuan.

“Pejuang-pejuang kita zaman dulu rela berkorban harta, bahkan nyawa untuk melawan ketidakadilan dan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Dengan cara memecah belah dan mengadu domba suku-suku dan kerajaan-kerajaan, pemerintah Belanda berhasil menguasai wilayah Nusantara. Namun akhirnya tokoh-tokoh bangsa kita sadar, bahwa semua itu dilakukan untuk memperkaya pemerintah kolonial,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0310 / SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi, S. Sos, M.I.Pol menyebutkan, hanya dengan persatuan, bangsa Indonesia bisa merdeka. Semangat persatuan itulah yang disebut jiwa nasionalisme.

“Salah satu cara untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada diri kita adalah dengan mengibarkan bendera merah putih pada bulan HUT kemerdekaan RI pada bulan Agustus. Dengan mengibarkan bendera di depan rumah kita, kita jadi teringat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mengibarkan bendera merah putih menjadi wujud cinta kita kepada negara Indonesia,” pungkasnya.

Ikut dalam kegiatan itu, camat sitiung, Anggota Koramil 03/PP, walinagari Gunung Medan, kepala Jorong Sekenagarian Gunung Medan, tokoh masyarakat dan pemuda setempat. (Roni)

Pos terkait