HUT KE 105 KABUPATEN SOLOK; Wagub Minta Kualitas Pelayanan Publik Ditingkatkan

oleh
Puncak peringatan HUT ke 105 tahun Kabupaten Solok ditandai dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Senin (9/4). (rusmel dt.sati)

 

AROSUKA – Dalam usianya yang telah mencapai 105 tahun, Kabupaten Solok ternyata masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang perlu disikapi dengan kerjasama dengan banyak pihak. Permasalahan itu terutama dikaitkan dengan penanggulangan kemiskinan, pengangguran, pendidikan, serta kesehatan.

“Maka melalui peringatan hari jadi ini, harus dilakuan refleksi bersama untuk membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Dari semua lini pemerintah, harus bertekad untuk dapat segera mengatasi berbagai permasalahan tersebut,” ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat  H. Nasrul Abit ketika menghadiri HUT ke 105 tahun Kabupaten Solok  dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di gedung Solok Nan Indah Arosuka, Senin(9/4).

Peringatan hari jadi Kabupaten Solok juga dihadiri Walikota Solok Zul Elfian, anggota DPD RI Nofi Candra, perwakilan kepala daerah di Sumbar, perantau, pemuka masyarakat, unsur Parpol, Ormas dan lainnya.

Wagub sekaligus mengingatkan soal peningkatan kualitas pelayanan publik. Menurutnya harus ada perubahan mainset seluruh unsur PNS.  Semua aparatur pemerintah perlu melakukan peningkatan pola kerja dan pola pikir, agar bagaimana memberikan prlayanan terbaik kepada masyarakat.

Mengiringi pembukaan Rapat Paripurna Istimewa itu, Ketua DPRD H. Hardinalis Kobal mengaku sangat mengapresiasi penyelenggaraan peringatan hari jadi Kabupaten Solok.

Ia mengajak semua elemen untuk menjadikan peringatan hari jadi ini menjadi wadah dalam mensukseskan 4 pilar pembangunan, yaitu ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan, dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance and Clean Goverment).

Terhadap itu, Bupati Gusmal mengabarkan soal peringatan hari jadi  sekaligus menjadi momentum refleksi dua setengah tahun pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Solok 2016 – 2021.

Sebagaimana tertuang dalam RPJMD visi yang akan diwujudkan bersama adalah “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Solok yang Maju dan Mandiri Menuju Kehidupan Masyarakat Madani dalam Nuansa Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.

Bupati kemudian menelaah aspek pertumbuhan makro ekonomi, tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik dari tahun sebelumnya. Walaupun masih berada dibawah PDRB per kapita Sumatera Barat 2017, namun setiap tahun dalam tiga tahun terakhir menunjukkan kenaikan. (rusmel)

 

Loading...