Helikopter BNPB Antarkan Bantuan APD ke Tanah Datar

  • Whatsapp
APD – Petugas dari BPBD Sumbar saat menurunkan bantuan APD untuk Kabupaten Tanah Datar dari helikopter N303AJ. Bantuan APD dan helikopter itu berasal dari BNPB untuk operasional penanggulangan Covid-19 di Sumatera Barat.(musriadi musanif)

TANAH DATAR – Helikopter tipe N303AJ bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (29/9), mengantarkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Kabupaten Tanah Datar.

Bantuan APD itu didaratkan di Lapangan Dang Tuanku Bukik Gombak, dan disambut langsung Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Erman Rahman, didampingi sejumlah pejabat mewakili Forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bacaan Lainnya

Erman yang juga kepala pelaksana (kalaksa) BPBD Sumbar menjelaskan, bantuan APD tersebut diperkirakan akan dapat memenuhi kebutuhan Tanah Datar hingga Desember ini. Peruntukannya, kata dia, diprioritaskan kepada tenaga medis karena mereka berada di garda depan penanganan Covid-19.

“Kita tentu tak ingin tenaga medis banyak yang terpapar Covid-19 dengan alasan ketiadaan APD lengkap. Untuk itu dibutuhkan APD yang berkualitas premium,” tegasnya.

Dikatakan, selain untuk tenaga kesehatan, pihaknya juga menerima bantua nonmedis yang diperuntukkan bagi petugas penjaga, baik di tempat isolasi dan karantina perbatasan maupun kecamatan.

“Terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan BPBD Sumbar untuk penanganan Covid-109 di Tanah Datar,” ujarnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur menjelaskan, bantuan APD didistribusikan ke kota kabupaten di daerah ini sesuai dengan kebutuhan, seiring dengan terjadinya peningkatan kasus penularan Virus Corona beberapa waktu belakangan.

Khusus untuk Tanah Datar, menurutnya, APD yang diserahkan mencakup pakaian hazmat sebanyak 1.500 unit, face shield 300 buah, kacamata google 200 buah, baju grown sepuluh karung, handscoon sensi 24 dus, hanscoon sensi panjang sepuluh dus, handsanitizer sprray lima dus, hand second panjang lima dus, sepatu boot dua dus, hand scoond/hand seal 20 buah, hand glove 12 buah, dan masker N95 tenaga medis sebanyak seribu lembar.(musriadi musanif)

Pos terkait