HBT Salurkan Bantuan Lawan Stunting

Payakumbuh – Perang terhadap stunting di Kota Payakumbuh mendapat dukungan banyak pihak. Warga Tionghoa yang tergabung dalam Organisasi Himpunan Bersatu Teguh (HBT), juga sato sakaki dalam percepatan pengentasan masalah stunting dan ekonomi ekstrem di kota itu. Karena masalah srunting dan ekonomi kestrem ini, memang telah menjadi masalah nasional. Dan juga menjadi program utama daerah untuk segera mengentaskannya.

Walikota Payakumbuh Rida Ananda, ikut bahagia bercampur haru, karena permintaannya ternyata direspon organisasi HBT ini. Dimana pada Rabu (23/11), Rida diajak oleh Ketua HBT Thomas, untuk menyerahkan bantuan sembako berupa telur, susu dan beras, kepada warga miskin di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Kami menyampaikan apresiasi atas dukungan HBT. Gayuang kami basambuik. Bantuan ini sangat-sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu. Semoga dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Rida, yang juga didampingi Kadis Pendidikan Dasril, Camat Ul Fakhri, Lurah Firman Hadi, Babinsa, saat mengantarkan bantuan itu.

Beberapa hari sebelumnya, Rida Ananda pernah menjamu komunitas Tionghoa di Kota Payakumbuh dari Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dan Himpunan Tjinta Teman (HTT) untuk bersilaturahmi di rumah dinasnya. Saat itu, Rida menyebut persahabatan dan kekeluargaan adalah hal yang paling penting dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam pemerintahan bersama komponen masyarakat.

Apalagi, saat Rida menyinggung terkait problem inflasi yang harus terus dikendalikan, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Ini menjadi problem bagi perekonomian masyarakat, meski laju pertumbuhan ekonomi Kota Payakumbuh cukup tinggi dibandingkan daerah lain, karena banyaknya UMKM tumbuh.

“Kami saat itu mengajak HBT dan HTT bersinergi. Sekiranya ada kegiatan sosial, mari kita memerangi stunting dan kemiskinan ekstrem. Angkat anak asuh yang bisa dibantu dengan bantuan stimulan seperti beras, telur, susu, biskuit. Sedikit banyaknya itu sangat membantu kami, karena anggaran di Pemda jumlahnya sangat terbatas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HBT Thomas menyebut, HBT siap bersinergi bersama Pemko untuk bekerja sama dalam berbagai hal. Termasuk dalam kegiatan sosial organisasi mereka. “Yang jelas, sebagai fungsi organisasi, kami selalu melaksanakan kegiatan sosial. Gayuang Wako basambuik, kami HBT menyatakan siap mendukung program pengentasan stunting dan ekonomi ekstrem yang disampaikan oleh pak Walikota Rida Ananda,” ucapnya. 207