Hasil Tracking Kasus, Bertambah Dua Positif COVID-19 di Limapuluh Kota

  • Whatsapp

SARILAMAK –

Tim gugus tugas penanganan covid-19 Limapuluh Kota kembali mengumumkan dua tambahan kasus positif. Keduanya terpapar dari kasus konfirmasi positif  Padang yang merupakan salah seorang tenaga medis.

Bacaan Lainnya

“Keduanya adalah AY, Laki-laki 34 tahun dan F, Perempuan 15 tahun warga Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Limapuluh Kota Fery Chofa. Rabu, (8/7/2020).

Fery mengatakan kedua pasien positif baru tersebut merupakan hasil tracking dari kasus Ang yang diambil sampel swabnya pada 5 Juli lalu. Ada 13 warga yang diambil sampel dan semuanya masih memiliki hubungan kekerabatan atau saudara.

Dengan demikian, di Lima Puluh Kota sudah tercatat 14 kasus konfirmasi positif, dengan catatan 12 orang dinyatakan sembuh dan orang diisolasi di BPSDM Padang.

Ia mengaku sejak dimulainya Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 (TNBPAC) di Sumatera Barat, Pemkab Lima Puluh Kota secara proaktif telah melakukan pengambilan swab massal sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan pengawasan untuk menentukan incident rate di suatu daerah sehingga dapat diketahui lebih cepat penambahan kasus baru.

Kurang lebih 1694 sampel swab diambil dan diperiksa, baik di Labor Fakultas Kedokteran Unand maupun Balai Veteriner Baso. “Alhamdulillah semuanya terkonfirmasi negatif,” katanya.

Ia mengingatkan di masa tatanan normal baru ini bukanlah berarti semua aktivitas dilonggarkan sebagaimana situasi normal biasa sebelum adanya pandemi dan ancaman sebaran virus.

Dalam masa tatanan normal baru ini meskipun masyarakat sudah boleh beraktifitas diberbagai sektor namun harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai maske, jaga jarak fisik, menghindari kerumunan massa, dan sering cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas. (esa)

Pos terkait