Hama Tikus dan Keong Serang Sawah Warga Ampang Gadang

oleh -398 views
Petugas pertanian Ampek Angkek Arwin Bambang dan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) Ampang Gadang, Zetriaedison sedang memeriksa persawahan warga. (kasnadi.np)

LUBUAK BASUNG – Hama tikus dan keong mas menyerang padi warga petani Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampek Angkek, Agam. Akibat meluasnya serangan hama tersebut, petani merasa kewalahan untuk mengatasinya.

Salah seorang anggota Kelompok Tani (Keltan) Kamboja Jorong Bonjo Alam, Efroza, Selasa (22/5) mengatakan, untuk mengatasi hama tikus dan keong mas itu telah dilakukan berbagai upaya.

Diakui Efroza, serangan hama tikus belakangan ini makin meluas, mengakibatkan sebahagian lahan tanaman padi mengalami gagal panen.

Amrizal St. Rajo Ameh mengatakan, untuk mengatasi serangan hama tikus dan keong mas itu memang sudah dilakukan petani, sesuai arahan dan petunjuk yang disampaikan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) WKPP Nagari Ampang Gadang, seperti pola tanam sistem lorong Jarwo 4-1 dan 2-1.

“Tentunya semua kita selaku petani mengharapkan, anggota kelompok tani agar  mengikuti petunjuk dan anjuran dari PPL. Selanjutnya untuk dapat melakukan tanam serentak pada musimnya,” harap Amrizal St. Rajo Ameh. (kasnadi)

 

Loading...