Hadiri Rakernas APPSI Hari Ini Wapres Jusuf Kalla di Padang

oleh -220 views
Gubernur, Irwan Prayitno, memberikan sambutan saat serah terima jabatan ketua APPSI di hotel Inna Muara, Padang Rabu (20/2).Yose

 

PADANG-Hari ini Kamis (20/2) direncanakan Wakil Presiden Jusuf Kalla hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Inna Muara.

Rencananya Rakernas APPSI berlangsung pada 20-22 Februari 2019 . Meski dalam jadwal acara berlangsung 20-22 Februari, namun pembukaan pada Kamis (21/2) pagi.

“Kamis sore dipastikan, acara dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar, Iqbal di Padang, Rabu.

Sementara pada Rabu(20/2) jadwal acara adalah serah terima jabatan Ketua APPSI 2015-2019 dari mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Sebelumnya Longki menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APPSI periode 2015-2019.

Dia akan didapuk menjadi ketua hingga masa jabatan periode tersebut habis dan dilakukan pemilihan ulang.

Hadirnya Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara tersebut patut disyukuri karena rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan tahunan itu bisa langsung diterima oleh penentu kebijakan.

Salah satu rekomendasi yang akan disampaikan adalah dorongan agar pemerintah menurunkan biaya kargo udara dan meninjau kembali bagasi berbayar karena dinilai merugikan UMKM.

Gubernur Irwan pada pertemuan itu akan diadakan penandatanganan kerjasama antar daerah. Antara pengusaha masing-masing daerah.

“Jadi nanti akan ada semacam MoU kerjasama yang mengikat. Nanti akan dipilih berapa produk unggulan dari beberapa daerah untuk dikerjasamakan,” tuturnya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan itu Sumbar nanti akan memamerkan beberapa stand UMKM di lokasi acara yang didatangkan dari berapa kabupaten dan kota di Sumbar. Sehingga, keberadaan stand ini dapat menjadi ajang promosi produk UMKM Sumbar sekaligus ajang bisnis.

“Kita ingin seluruh UMKM kita dapat terekspos keluar daerah, sehingga ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang bergerak pada sektor tersebut,” terangnya.

Dilanjutkanya, dengan pertemuan ini tentunya juga akan membawa dampak kepada pariwisata dan kuliner Sumbar. “Para tamu yang datang ke APPSI ini tentu banyak dan pasti mereka akan menikmati wisata di Sumbar dan pulangnya bawa oleh-oleh. Ini akan mengerakan ekonomi kita di Sumbar,” tambahnya. 104

Loading...