Guru Miliki Posisi Strategis Mencegah Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Ketua PGRI Kota Padang Yazirman Murad

PADANG – Ketua PGRI Kota Padang Yazirman Murad mengatakan guru  memiliki posisi strategis untuk mencegah mewabahnya virus corona di tengah-tengah masyarakat.

“Walaupun dalam situasi sosial distance dan physical distance, guru bisa mengajak masyarakat untuk mematuhi arahan pemerintah yakni menjaga kebersihan, cuci tangan dan pakai masker, tetap di rumah” kata Yazirman Murad kepada Top Satu (4/4).

Bacaan Lainnya

Harapan ini disampaikan oleh Yazirman, mengingat masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi arah pemerintah terutama untuk jaga jarak atau sosial distance.

“Guru hendaknya menjadi pelopor di tengah masyarakat. Guru termasuk elemen masyarakat yang memiliki informasi benar tentang penyebaran virus ini serta akibatnya ” kata Yazirman

Dua hari terakhir tiga kecamatan di Padang yakni Koto Tangah, Padang Timur dan Lubuk Begalung telah dinyatakan sebagai zona merah penyebaran virus ini.

“Harapan kita, sudahlah beberapa orang warga kota ini yang terjangkit, mari sama sama kita memeranginya” katanya.

Dilain hal keberadaan guru dan murid di rumah hendaknya betul-betul dimanfaatkan untuk aktifitas belajar secara online, tapi jangan mengakibatkan tekanan atau stress baik guru maupun murid.

“Aktifitas belajar online tetap dilaksanakan, tapi guru guru hendaknya juga memperhatikan keadaan murid murid dan jangan memaksakan. Sebab fokus kita saat ini adalah memblokade perkembangan penyakit ini” jelas Yazirman.

Namun khusus kepala aekolah Yazirman mengingatkan agar hati-hati dan disiplin melindungi diri jika harus hadir pada hari tertentu ke sekolah untuk menyelesaikan tugas administrasi yang penting.

“Ikuti Protap keluar rumah lindungi diri, karena kepada sekolah memang harus menyelesaikan beberapa tugas administrasi penting,” ujarnya. (M.Khudri)

Pos terkait