Gubernur Tinjau Pasar Raya, Sejumlah Harga Sembako Turun

  • Whatsapp
: Gubernur Irwan Prayitno bersama tim meninjau harga daging di Pasar Raya dan Pasar Alai, Selasa (29/5). (yose)

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno meninjau harga bahan pokok di Pasar Raya Padang dan Pasar Alai, Selasa (29/5). Hasilnya, hingga pertengahan ramadhan harga sejumlah komoditi terjadi penurunan.

“Selama ini saat Ramadhan, harga sembako berpotensi terjadi kenaikan, seperti beras, tepung, gula minyak, cabai dan bawang. Makanya kita cek ke pasar, apakah ada kenaikan harga,”sebut Irwan usai pemantauan.

Muat Lebih

Dikatakannya, apa yang dikawatirkan masyarakat dengan harga pada Ramadhan tidak terjadi. Malah terjadi pengurangan harga, bukan inflasi, tapi deflasi.

Komoditi yang mengalami penurunan harga di antaranya  ayam biasanya Rp45 ribu/kg sekarang Rp43 ribu/kg. Cabai biasanya Rp22 ribu/kg, sekarang turun menjadi Rp20 ribu/kg.

“Tujuan kita memantau harga ini agar tetap stabil, jangan rendah betul, jangan pula mahal betul. Kalau terlalu murah, susah petani, terlalu tinggi konsumen yang susah,”ujarnya.

Sementara, untuk menjaga agar harga daging tetap stabil, pemerintah juga sudah menyediakan stok daging beku. Gunanya, jika nanti tiba-tiba harga daging melonjak naik, maka daging tersebut dilepas ke pasar, seperti Operasi pasar.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar, Heri Nofiardi mengatakan, timnya akan tetap berupaya menjaga kestabilan harga bahan pokok. Selain melakukan pemantauan, Biro Perekonomian juga mengkoordinasikan sejumlah kebijakan terkait harga kebutuhan pokok. (yose)

 

Pos terkait