Gubernur Apresiasi Komitmen TNI Wujudkan Ketahanan Pangan

Gubernur dan lainnya panen jagung. (Penrem 032/wbr)

Limapuluh Kota– Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus kembali menegaskan komitmen TNI di bawah jajarannya yang sangat mendukung program ketahanan pangan. Salah satunya dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif.

“Kami jajaran TNI Korem 032/Wirabraja, 100 persen sangat mendukung program ketahanan pangan,” tegas Danrem saat panen perdana jagung di lahan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) di Jorong Buluh Kasok, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (22/4/2018).

Bahkan, TNI lanjutnya, juga sangat mendukung masyarakat Sumbar untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur yang diolah menjadi lahan, untuk budidaya jagung guna mendukung program pemerintah daerah. Apalagi, kini capaian ketahanan pangan di provinsi ini masih dibawah target yang diharapkan.

“Untuk itu, mari semua pihak bersama-sama meningkatkan eksistensi lahan tidur menjadi lahan produktif,” ajaknya.

Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno pada kesempatan itu mengapresiasi kiprah TNI dalam mendukung program ketahanan pangan. “Kita apresiasi TNI. Tidak ada uangnya saja, TNI sangat mendukung dan bisa membantu Gempita,” ujarnya seperti rilis yang diterima dari Penrem 032/Wbr.

Gubernur dalam kegiatan bertemakan, “Moderenisasi Pertanian Rang Mudo Manaruko”, juga menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung para pemuda untuk memanfaatkan lahan tidur. Jajaran kementrian menurutnya juga sangat senang melihat pemuda lewat Gempita banyak yang turun ke sawah dan ke ladang.

“Jika mengelola ladang dengan baik, pendapatan bisa mengalahkan pegawai negeri. Konsentrasi lah pada tanaman padi dan jagung. Untungnya menanam jagung adalah lebih cepat panennya dibandingkan dengan padi. Jangan sampai ada tanah yang terlantar,” pesan gubernur pula.

Usai panen, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan peningkatan pangan dari Gubernur Sumbar sebagai Koorwil Gempita Sumbar. Kemudian penanaman pohon oleh gubernur, Danrem 032 /Wbr, Wabup Limapuluh Kota, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Limapuluh Kota serta Ketua DPRD Limapuluh Kota.
Kegiatan tersebut juga dihadiri Kasiter Korem 032/Wbr, Kasipers 032/Wbr, Dandim 0306/50 Kota, Danyonif 131/Brs, Dandenzipur 2/PS yang diwakili Letda Czi Yurizal, Kepala Gempita, Danramil 05/Harau Dim 0306/50 Kota, camat beserta lurah di Kecamatan Harau, Babinsa Koramil 05/Harau Kodim 0306/50 Kota serta para pemuda Gempita. (yuni)

Loading...