Gelar Kejurda Atletik, PASI Sumbar Pertama di Indonesia Pasca Pandemi

Ketua PASI Sumbar S Budi Syukur didampingi Sekum PASI Sumbar Ediwarman dan Ketua Bond Pertandingan PASI Sumbar Safar saat memberi keterangan kepada wartawan.

PADANG – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar mengadakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik se Sumbar yang diikuti 19 kab/kota yang akan ditabuh mulai Minggu (26/6) hingga Rabu (29/6) bertempat di GOR Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Hal itu dikatakan Ketua PASI Sumbar S Budi Syukur, kepada wartawan, Kamis (23/6) di salah satu restoran di Padang.

Dia menjelaskan, Kejurda ini merupakan arahan dari PB PASI agar pasca pandemi Covid-19, PASI di daerah menyelenggarakan Kejurda.

“Kejurda ini akan berlangsung di semua Pengprov PASI di Indonesia sesuai arahan Ketua Umum PASI Luhut Binsar Panjaitan,” kata Budi Syukur didampingi Sekum PASI Sumbar Ediwarman dan Ketua Bond Pertandingan PASI Sumbar Safar.

Dikatakan, untuk 2022 ini, Sumbar, Sulsel dan Gorontalo merupakan tiga provinsi yang pertama yang melaksanakan Kejurda Atletik pasca pandemi.

“Sebenarnya kejuaraan itu harusnya dilaksanakan minimal sekali setahun. Namun karena pandemi sempat tertunda,” katanya.

Budi Syukur dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada PB PASI serta Koni Sumbar atas dukungan penyelenggaraan Kejurda ini.

“Kita sangat berterimakasih kepada
dukungan PB PASI dan Koni Sumbar. Dan tak lupa juga terimakasih atas dukungan luar biasa dari Bupati Pasaman yang menjadi tuan rumah pada Kejurda kali ini,” ujar Budi.

Bahkan, lanjutnya, Bupati Pasaman pun memperbaiki sarana dan prasarana agar memenuhi standar pertandingan yang layak.

Dia mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya Kejurda ini adalah untuk motivasi sekaligus evaluasi terhadap latihan yang dilakukan atlet selama ini.

“Sebab tanpa kejuaraan tentu kita sulit mengukur kemampuan atlet. Ini sekaligus juga sebagai seleksi untuk Kejurnas Atletik yang akan digelar Agustus mendatang sekaligus tim bayangan Porwil,” sambungnya.

Sementara Ediwarman menjelaskan nomor yang dipertandingkan yakni 14 nomor Remaja putra putri dbawah 18 th, 14 nomor putra putri Junior hingga 20 th dan 11 nomor di senior putra putri.

“Ditambah dua nomor U-14 dan U-16 dengan penyelenggara tuan rumah,” katanya.

Sampai hari ini, jumlah atlet yang mendaftar sebanyak 386 atlet dan kemungkinan akan bertambah terus hingga 26 Juni nanti saat tekhnical meeting.

“Setidaknya akan hadir sekitar 500 sampai 600 orang yang terdiri atlet, official, panitia pertandingan sekitar 50 orang dan panitia pendukung sekitar 40 orang,” lanjutnya.

Dengan kejuaraan ini diharapkan akan lahir atlet atlet yg potensial yang akan mewakili dan mengharumkan nama Sumbar.

“Diharapkan akan lahir atlet atlet yang berkualitas potensial untuk membawa nama baik masing-masing daerah, Sumbar secara umum,” katanya.

Pada Kejurda ini disediakan sebanyak 234 mendali diperebutkan. Sementara untuk juara umum 1, 2 dan 3 akan mendapat piala tetap dari PASI. (benk)