Budaya  

GALUNDI SINGKARAK FESTIVAL, Kreasi Seni Budaya Berlatar Keindahan Danau Singkarak

TANAH DATAR – Selama dua hari, Sabtu dan Minggu (29-30/10) kemarin, Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar “baralek gadang”.

Ribuan mata terkagum menyaksikan pagelaran sebi budaya yang berlatar keindahan danau Singkarak.

Ya, untuk kedua kalinya, di pinggir danau Singkarak nan indah ini Galundi Singkarak Festival digelar.

Kegiatan yang dirancang khusus masyarakat Nagari Batu Taba bersama pemerintah nagari dan panitia pelaksana, Galundi Singkarak Festival (GSF) didukung penuh para niniak mamak setempat dan dipusatkan di tepian Danau Singkarak.

Perhelatan yang mengkolaborasikan beragam kreativitas seni budaya Minangkabau dan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan masyarakat setempat.

Di Galundi, pinggiran Danau Singkarak yang indah itu, banyak atraksi seni budaya ditampilkan seperti pacu biduak, silek tuo langkah ampek, maarak talam, dan makan bajamba, hingga peragaan batik galundi dengan latar pemandangan danau, hamparan sawah dan perbukitan.

Penyelenggaraan festival swadaya anak nagari ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. Ia mengatakan, Tanah Datar merupakan kabupaten yang layak dicontoh. Di sektor pariwisata misalnya, ada Nagari Pariangan yang tahun ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.