Budaya  

Galundi Singkarak Festival Dibuka, Bupati Dorong Batu Taba Jadi Desa Wisata

TANAH DATAR – Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka Galundi Singkarak Festival di Nagari Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (29/10).

Galundi Singkarak Festival merupakan festival anak nagari Nagari Batu Taba yang mengkolaborasikan berbagai aktivitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan dalam satu peristiwa bersama di Nagari Batu Taba, Tanah Datar, Sumbar.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, Galundi Singkarak Festival bertujuan untuk menggali potensi-potensi yang ada di nagari, mulai kuliner hingga potensi wisata dan kreatifitas lainnya.

“Dengan Galundi Festival Singkarak yang dihadiri oleh berbagai tamu undangan ini, kita ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu potensi Nagari Batu Taba,” kata Eka Putra.

Selain itu, Bupati Tanah Datar juga menyampaikan rencana Nagari Batu Taba sebagai desa wisata dengan dermaga wisata dan kapal tamasya di Danau Singkarak.

“Kita ingin Nagari Batu Taba dimasukkan sebagai desa wisata, tentunya ini butuh support dari berbagai pihak,” ujarnya.

Acara festival ini mendapat aprsiasi dari berbagai pihak, salah satunya Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang turut hadir dalam Galundi Singkarak festival.