FIK UNP Terpacu Kelola Informasi Internal

  • Whatsapp
FIK UNP mengadakan pelatihan Optimalisasi Pengembangan Website fakultas dengan narasumber Redaktur Olahraga Harian Singgalang, Dede Amri, Selasa (21/1) di ruang sidang fakultas tersebut. Pertemuan itu bertujuan berbagi ilmu dalam jurnalistik. (ist)

PADANG– Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) terpacu dalam mengembangkan informasi kegiatan fakultas yang bakal mencetak sarjana olahraga itu. Guna lebih mematangkan maksud itu, pada Selasa (21/1) siang fakultas yang dipimpin Dr. Alnedral itu menggelar pelatihan tentang Optimalisasi Pengembangan Website di ruang sidang fakultas. Diundang sebagai narasumber Redaktur Olahraga Harian Singgalang, Dede Amri.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan I, Dr. Umar, MS, serta dihadiri dua wakil dekan lainnya seperti Dr. Wilda Wilis dan Dr. Nurul Ikhsan itu berlangsung serius dan saling berbagi ilmu.

“Pelatihan kita ini bertujuan menyiapkan fakultas yang berdaya saing tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan,” tutur Dr. Umar, MS.

Dikatakan Umar yang note bene salah seorang tokoh olahraga di Sumbar ini, informasi saat kini sangat cepat. “Kita berharap dengan adanya pelatihan Optimalisasi Pengembangan Website dengan narasumber wartawan yang sudah lama berkecimpung di olahraga kian menambah wawasan pengelola website FIK UNP ini,” kata Dr. Umar penuh harap.

Kegiatan lebih banyak berdiskusi serta berbagi ilmu soal jurnalistik. Para peserta kegiatan pelatihan dihadiri para dosen dari prodi dan jurusan masing-masing yang ada di FIK UNP. Masing-masing jurusan dan prodi mengirimkan dua orang dosen.

Dr. Umar menambahkan, dengan adanya pelatihan singkat ini para pengelola website internal ini maka bisa mempublis semua kegiatan yang dilakukan fakultas, jurusan, prodi, maupun mahasiswa.

“Salah satu bentuk penilaian dalam akreditasi adalah media publikasi fakultas atau jurusan. Jadi sangat-lah penting kita secepatnya membangun media informasi fakultas untuk persiapan akreditasi itu,” tutup Dr. Umar.

Setali tiga uang dengan Dr. Nurul Ikhsan kegiatan internal FIK sangat banyak. “Banyak para dosen dan mahasiswa kita berprestasi. Harapan kita tentunya kegiatan ini bisa memotivasi pengelola website fakultas. Kami akan inten minta dukungan dari rekan-rekan jurnalis,” kata Dr. Nurul.

Begitu juga dengan Dr. Wilda Wilis. Selaku Wakil Dekan II dirinya siap mensuport semua kegiatan yang berkaitan dengan Humas FIK. “Kita siapkan salah satu ruangan yang menjadi home base Humas FIK UNP,” kata Wilda Wilis berjanji.

Dede Amri sangat berterima kasih kepada FIK UNP yang telah mengundang sebagai narasumber.

“Kegiatan ini banyak manfaatnya. FIK ini setahu saya memang sangat gencar dalam pemberitaan. Diakui atau tidak pengaruh pemberitaan fakultas ini di media massa sudah terbukti terutama dalam hal penerimaan mahasiswa setiap tahunnya,” kata Dede.

Dikatakan Dede, sangat banyak yang bisa diekspos di FIK UNP ini. Dengan adanya website internal ini semua kegiatan bisa diketahui banyak orang. “Bila semua kegiatan internal terekspos maka banyak manfaat yang bisa dipetik fakultas ini. Bagi kami pun informasi-informasi yang terlupakan bisa mengakses website ini,” kata Dede yang siap memberikan masukan kepada pengelola website.

Dalam pelatihan singkatnya, Dede menjelaskan seseorang penulis berita harus paham betul dengan tulisan yang dibuatnya. “Membuat suatu berita itu harus ada unsur 5W1H sehingga berita itu terstruktur. Konsep 5W1H ini menjadi dasar seseorang untuk menulis secara cepat dan tepat. “Banyak hal yang bisa diinformasikan di Fakultas Ilmu Keolahragaan ini oleh Humas FIK UNP,” kata Dede.

Di akhir pelaksanaan hari pertama pelatihan setiap peserta diberi tugas untuk membuat sebuah berita yang nantinya akan di publis oleh tim humas UNP.

Dalam kegiatan itu, juga hadir Kabag Tata Usaha Niputu Sriwidani, Kasubag Akademik Lelita Yeni dan beberapa dosen. (rahmat)

Berita Terkait