Festival Pesona Seni Tradisi Nagari Pangian Digelar

  • Bagikan
Wabup Richi menyaksikan kuliner tradisi. (ist)

BASATUNGKAR – Festival pesona seni-tradisi Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo digelar di kawasan destinasi wisata Ngalau Pangian.

Iven menampilkan tradisi seni-budaya anak nagari ini dibuka Wabup Richi Aprian bersama Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul dan Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar Hendri Agung Idrianto.

Sebagai penggagas iven ini, Jefri Masrul mengatakan keinginannya untuk membangkitkan semangat tradisi dan seni budaya anak nagari yang mesti didukung bersama.

“Ngalau Pangian dan tradisi anak nagari merupakan potensi wisata, mestinya menjadi destinasi wisata andalan, ” ujarnya.

Ia pun akan menganggarkan melalui dana Pokir sebesar Rp.150 juta untuk membangun fasilitas toilet di Ngalau Pangian karena dengan dibangun sarana pendukung ke depan, wisatawan berkunjung akan merasa nyaman dan terus berkunjung untuk menikmati keindahan alammya.

Sementara, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Hendri Agung Idrianto menyebut pergelaran iven ini merupakan potensi wisata sangat tepat dikembangkan.

“Kita sampaikan apresiasi terhadap pergelaran festival ini, meskipun dilaksanakan secara hybrid, tapi diyakini potensi Ngalau Pangian akan semakin terkenal di masa datang. Namun tentunya harus mempunyai kalender iven yang jelas ,” ucapnya.

Kegiatan turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK yang juga menjabat Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Camat Lintau Buo Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari Pangian dan undangan lainnya disuguhi penampilan Selebgram

Sementara, Wabup Richi Aprian menyebut festival ini sejalan dengan salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar.

“Festival ini sejalan dengan Progul satu nagari satu iven bertujuan menunjang ekonomi kreatif, pelestarian kebudayaan dan memajukan produk nagari,” katanya.

Dalam iven diharapkannya akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian, tumbuh usaha mikro nagari dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Nagari Pangian.

“Sektor pariwisata dinilai mampu memberikan dampak multiplier effect, dimana sektor ini turut memajukan sektor lain seperti pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, jasa dan lainnya,” ungkap Richi.

Kegiatannya diikuti juga Wakil Ketua TP PKK yang juga menjabat Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Camat Lintau Buo Afrizal, Forkopimca, Pemnag. Saat itu disuguhi penampilan selebgram Alvis Devira, randai, silek Lintau, fashion show, tari tradisi dan kuliner hasil UMKM. (ydi)

  • Bagikan