Festival Pesona Minangkabau 2022 Digelar dengan Baralek Gadang

Sebuah pementasan seni tradisi pada  di Istano Basa Pagaruyung. (ist)

BATUSANGKAR – Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2022 bakal digelar pada 17-20 November, dan dipusatkan komplek Istano Basa Pagaruyuang.

Iven ini menandai baralek gadang yang dilaksanakan Pemkab Tanah Datar, tentu berbeda dengan FPM 2021 lalu saat dilaksanakan secara hybrid, yakni online dan offline.

“Kali ini ribuan orang diperkirakan akan memadani Istano. Tidak saja masyarakat Luak Nan Tuo dan Sumbar, tetapi juga berdatangan dari berbagai daerah provinsi tetangga, Riau dan Jambi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, Rabu (16/11) di Batusangkar.

Saat itu, sebutnya, sebanyak 50 komunitas otomotif di Sumbar, Riau, dan Jambi, juga sudah menyatakan komitmennya untuk menyemarakkan festival tahunan itu.

Undangan juga disampaikan panitia kepada Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah.

Diutarakannya, materi kegiatan meliputi pawai budaya authentik minangkabau, pagelaran silat minangkabau, pagelaran seni budaya minangkabau, dan pagaruyung fashion show.

Ada pula pameran desa wisata, pameran benda pusaka, minangkabau expo, pagelaran songket minangkabau, pasar kuliner kampung kopi dan lomba foto pesona minangkabau serta pacu jawi. Gelarannya disemarakkan penampilan artis Minang Kintani.