Fakultas Syariah IAIN Batusangkar Adakan Seminar, Narasumber dari Lima Negara

  • Bagikan

BATUSANGKAR – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar kembali menggelar seminar internasional. Seminar dengan tajuk  2nd Ichlash itu dilaksanakkan Rabu-Kamis (23-24/6)  melalui zoom meeting.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Zainuddin, Selasa (22/6) menyebutkan 2nd Ichlash, diperkirakan akan diikuti sekitar 500 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti seminar tersebut.

Zainuddin menambahkan,  seminar akan mengangkat tema “Local Culture, Revelation, and Principle of Moderation in Islamic Law. Dipilihnya tema tersebut  sekaitan dengan moderasi beragama yang berkembang saat ini. Lalu coba diterjemahkan dalam hukum Islam melalui wahyu dan budaya lokal.

“Moderasi beragama itu keseimbangan dan ketidakberpihakan dalam menata kehidupan dengan asas hukum Islam dan kepastian di dalamnya,” katanya lagi.

Ketua Panitia Seminar Internasional Dr. Elsy Renie mengatakan, seminar akan dibuka Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora. Menjadi pembicara kunci nantinya adalah Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

“Seminar akan dimulai pukul 08.00 WIB,” kata Elsy.

Ia menambahkan, seminar selama dua hari itu menghadirkan pembicara dari sejumlah negara  seperti  Dr. Imam Shamsi Ali, Lc, MA., President of Nusantara Foundation, USA, Assoc. Prof. Dr Nik Salida  Suhaila Nik Saleh., USIM Malaysia, Assoc. Prof. Dr.Yusdani M.Ag, UII, Yogyakarta, Indonesia, Assoc. Prof. Dr. Muhammad Rawasyidah,  Mu’tah University, Jordan dan Assoc. Prof. Dr.  Hasan ‘Alami, Ibnu Thufail, Maroco. (ydi)

  • Bagikan