Enam Tim Siap Tempur di Gala Siswa Indonesia 2018 Tingkat Sumbar

oleh -390 views

PADANG – Enam tim dari enam kabupaten/kota di Sumbar menyatakan siap tempur di Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP tahun ini. Dijadwalkan Wakil Gubernur bakal menabuh GSI itu di Lapangan FIK UNP Air Tawar Padang, Minggu (9/9) pagi.

Enam tim SMP dari utusan Padang, Payakumbuh, Tanah Datar, Sijunjung dan Pasaman Barat, serta Limapuluh Kota itu bakal baku hampeh selama tiga hari di dua lapangan yakni Lapangan FIK UNP Air Tawar dan Lapangan Lanud St. Sjahrir, Tabing Padang.

“GSI ini merupakan program dari Kemendikbud RI. Untuk tingkat provinsi maka kerjasama antara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi dengan Disdik, Asprov PSSI serta KONI,” ujar Kepala LPMP Sumbar, Rasoki Lubis kepada wartawan, Kamis (6/9).

Rasoki Lubis berharap tahun depan Liga Antarsiswa SMP (GSI) ini bisa menjadi pemicu bagi kabupaten/kota untuk menggelarnya.

“Ini ide dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Muhadjir Effendy,” jelas Rasoki Lubis.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar yang diwakili Sekretaris Bustavidia berjanji pelaksanaan GSI untuk pertama kali digelar ini bisa berlangsung dengan baik, walau dengan keterbatasan anggaran.

Selain dihadiri Disdik Sumbar juga hadir dari utusan PSSI Sumbar yang langsung dihadiri Sekum Hendra Dupa serta dari KONI Sumbar diwakili Nofi Sastera.

Nofi Sastera menerangkan, pada gelaran GSI ini jumlah pemain dibatasi hanya sebanyak 18 pemain plus 4 ofisial termasuk pelatih. “Sekali lagi, tim juara tak mutlak semua pemainnya jadi wakil ke laga nasional. Untuk tingkat nasional akan dibentang Oktober,” kata Nofi. (dede)

 

Loading...