Emma Yohanna Apresiasi Pendistribusian STB Gratis

PADANG – Sekitar 570 Kepala Keluarga (KK) masyarakat kurang mampu di Sumatera Barat sudah memperoleh bantuan Set Top Box (STB) secara gratis dari Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kekominfo RI).

STB tersebut didistribusikan dan dipasang langsung oleh petugas dari PT Pos Indonesia di masing-masing rumah warga yang tercatat dalam data penerima dana Bansos Kemensos RI.

Pendistribusian STB gratis itu mendapatkan respon positif dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Emma Yohanna.

Ia memberikan apresiasi langkah yang diambil Kekominfo untuk mendistribusikan STB gratis kepada masyarakat.

Mengingat, sebentar lagi tepatnya 2 November mendatang, siaran TV Analog dihentikan secara serentak.

Menjelang, Analog Switch Off tersebut Kementrian Kominikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kekominfo RI) sudah menyiapkan segala. Termasuk STB yang bisa digunakan untuk menangkap siaran TV Digital.

“Pendistribusian STB ini bertujuan meringankan beban warga. Sebab dengan pemberian STB gratis ini, masyarakat tidak perlu lagi membeli TV baru untuk mendapatkan tayangan televisi digital. Sehingga mereka bisa menonton televisi dengan bersih, jernih dan canggih,” jelas Senator asal Sumbar, Emma Yohanna seraya menjelaskan kalau ada beberapa alasan kenapa siaran analog diganti ke digital.

Yakni, peralihan ini merupakan tindak lanjut dari UU Cipta Kerja dan upaya pemerintah mengatur kembali frekuensi radio yang semula digunakan untuk TV.

Peralihan dari analog ke digital membuat frekuensi yang tersisa dapat membuat kecepatan internet kita menjadi lebih tinggi

“Kami berharap ada pendistribusian STB tahap kedua dan ketiga agar merata disetiap kabupaten kota yang ada di Sumbar dan daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ucapnya.(Lenggogeni)