Dukung PJJ, M. Rahmad Akan Pasang Wi-fi Gratis di Seluruh Nagari di Limapuluh Kota

  • Whatsapp

SARILAMAK – Guna mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19 ini, Bakal Calon (Balon) Bupati Limapuluh Kota, M. Rahmad akan memasang Hotspot Wi-fi gratis di seluruh nagari yang ada di daerah itu secara bertahap.

“Pemasangan Wi-fi perdana akan dimulai September ini di beberapa nagari sebagai percontohan atau ujicoba. Kami berharap, ujicoba ini memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata M. Rahmad, Kamis (10/9).

Ia mengatakan pada tahap pertama ini pemasangan akan dimulai di nagari yang memiliki akses jaringan telepon. Sedangkan untuk nagari yang belum memiliki jaringan telepon, M.Rahmad akan menjadi ini program prioritas pembangunan daerah bersama pasangannya Asyirwan Yunus.

“Internet Gratis ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi siswa dan masyarakat yang memerlukan akses ilmu pengetahuan melalui dunia digital,” sebutnya.

Hal ini, sambungnya sejalan dengan cita-cita Rahmad-Asyirwan yang akan menjadikan kembali Kabupaten Limapuluh Kota sebagai pusat pendidikan terkemuka di Sumatera Barat.

Sedangkan terkait dengan isi internet yang negatif, pihaknya akan memastikan kepada provider Telkom untuk memberikan layanan internet bersih atau hanya bisa di akses untuk hal yang positif saja.

“Artinya, masyarakat akan leluasa mengakses informasi positif, sedangkan hal-hal yang negatif akan terblokir atau tidak bisa diakses,” kata Balon yang diusung partai Gerindra, Hanura dan PKB ini.

Selain itu, ia meminta dukungan dari seluruh masyarakat di Limapuluh Kota untuk program yang dinamakan Nagari Digital ini, karena tanpa dukungan masyarakat, program ini tak akan berjalan dengan baik.

“Untuk pemasangan di nagari, saya akan berkonsultasi dengan wali nagari, niniak mamak, alim ulama nagari terlebih dahulu. Apakah dipasang di sekitar kantor wali nagari atau disekitar masjid nagari,” sebutnya.

Sebab, menurut Rahmad pada dua tempat ini masing-masing ada manfaatnya tersendiri. Jika dipasang disekitar kantor wali nagari, masyarakat akan makin mudah berhubungan dengan layanan publik di nagari. Pelajar juga akan makin dekat dengan pemerintahnya.

“Jika dipasang disekitar komplek masjid nagari, juga akan memberikan dampak positif. Pelajar akan rajin shalat lima waktu, minimal Zuhur, Asar, Maghrib dan Isya di masjid nagari sembari memanfaatkan akses internet gratis,” sebutnya. (rel)

Pos terkait