Padang  

Dr Zikri: Sudah Saatnya Miko Kamal Menjadi Pengambil Kebijakan

PADANG – Buku karangan Miko Kamal yang berjudul “Berkota Berbangsa Bernegara” dibedah oleh 2 orang tokoh berlatar belakang berbeda pada hari Jumat 28/10/2022 di Kupi Batigo. Pembedah pertama, Ardyan, SH., MH merupakan seorang advokat dan tokoh politik kenamaan Sumatera Barat. Pembedah kedua, Dr Zikri Alhadi adalah akademisi dari Universitas Negeri Padang.

Acara bedah buku yang dimoderatori oleh Febriansyah itu dihadiri sekitar 50 orang peserta dari berbagai latar belakang seperti pengusaha, politisi dan mahasiswa. Miko Kamal menyampaikan bahwa bukunya yang diterbitkan pada bulan Januari 2021 lalu belum sempat dibedah karena pandemi Covid-19 membatasi jumlah orang berkumpul bersama.

Menurut Miko, advokat penyandang gelar doktor hukum dari Macquarie University, Australia, bukunya yang diterbitkan oleh Penerbit Rumah Kayu Pustaka Utama, terbagi ke dalam 3 bab besar.

Bab pertama berisi isu-isu perkotaan dengan setting kota Padang. Bab kedua tentang perkara kebangsaan, dan bab ketiga membahas hal-hal terkait kenegaraan.

Dalam isu terkait perkotaan, Miko yang juga Ketua Peradi Padang itu menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah membangun trotoar sudah tepat.

Tambahnya, pembangunan trotoar bukan sekadar membangun fisik (badan), namun lebih dari itu, membangun trotoar sebenarnya membangun peradaban.

“Dengan membangun trotoar pemerintah sedang mengajarkan rakyat untuk saling menghormati sesama warga”, lanjut Miko Kamal.