DPRD Tanah Datar Bentuk Tiga Pansus Bahas Ranperda

oleh
Sekwan DPRD Tanah Datar Elizar. (*) 

BATUSANGKAR – Tiga Pansus DPRD Tanah Datar tengah bekerja untuk membahas draft Ranperda, yang telah diajukan Pemkab.

Untuk pembahasannya membutuhkan waktu sekitar dua bulan hingga menjadi Perda. Tiga Ranperda dua diantaranya merupakan lanjutan pembahasan tahun lalu. Sementara satu draft Ranperfa terbaru adalah Ranperda Pemilihan dan Pengangkatan Perangkat Nagari.

Sekwan DPRD Tanah Datar Elizar, Selasa (17/4/2018) mengatakan, selama pembahasan draft Ranperda ini kehadiran dan semangat anggota dewan cukup terlihat untuk mengkaji lebih banyak muatan isinya.

Untuk Ranperda terbaru itu diketuai Beni Remon dari Fraksi PAN. Sementara, Ranperda Rencana Induk Pembangunan Pariwisata ketuanya Ali Muhar St. Sinaro dari fraksi PAN dan Ranperda Perlindungan Anak Ketuanya Istiqlal (F-PKS).

Elizar mengutarakan ada sekitar Rp300 juta anggaran yang dibutuhkan untuk satu draft Ranpeda, dipergunakan bagi kegiatan pemahasan dengan pemrakarsa, studi banding ke daerah yang melasanakan Perda itu, konsultasi dan hearing dengan pemangku kepentingan. Semua kegiatan berada dalam daerah, di provinsi dan keluar provinsi.

Sementara, untuk keseluruhan kegiatan Pembahasan draft Ranperda ini DPRD Tanah Datar mengalokasikan dana senilai Rp4,7 miliar dari APBD sepanjang tahun ini. Kadang keseluruhan anggaran itu tidak habis, atau jadi Silpa, seperti tahun lalu.

Setidaknya ada 21 draft Ranperda yang bakal dibahas oleh sebanyak 35 anggota dewan, tiga diantaranya draft Ranperda inisiatif, kemudian Ranperda RAPBD, Ranperda LKPj dan Ranperda APBD perubahan.

Ia menyebut anggaran ini dplot untuk kegiatan sebagaimana yang diatur dalam regulasi keuangan, dipergunakan bagi perjalanan dinas, konsumsi, sewah hotel, dan kerjasama dengan pihak ketiga. (yusnaldi)

 

Loading...