DP3AKB Kota Pariaman Roadshow Anti Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan

  • Whatsapp
Ketua P2TP2A Kota Pariaman Ny Lucy Genius melihat tampil sebagai Narasumber dalam road show anti kekerasan terhadap anak dan perempuan. --kominfo--

PARIAMAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman mengadakan road show tentang anti kekerasan terhadap anak dan perempuan , Rabu(8/7) di Ruang pertemuan Kelurahan Jawi Jawi I.

Ketua P2TP2A Kota Pariaman Ny. Lucy Genius tampil sebagai narasumber, mengapresiasi kegiatan yang telah diselenggarakan oleh DP3AKB.

“Ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk diselenggarakan, karena dengan adanya kegiatan ini kita sekaligus bisa mensosialisasikan bahwa anak dan perempuan di Indonesia dapat perhatian khusus pemerintah berupa hak perlindungan,“ ucapnya.

Di Kota Pariaman P2TP2A menyediakan pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan di Kota Pariaman, yang meliputi pelayanan informasi, psikologi dan hukum, pendampingan dan advokasi serta pelayanan medis.

Hal ini sesuai visi P2TP2A yakni mewujudkan perempuan dan anak di kota Pariaman sebagai warga negara yang bermartabat dan terhormat sesuai dengan HAM.

“Kita mendirikan P2TP2A bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi perempuan dan anak yg menjadi korban kekerasan serta berupaya memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan perempuan dan anak dalam rangka terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender. Banyak pelayanan yang dilakukan oleh P2TP2A Kota Pariaman dan semuanya kita lakukan dengan cara kekeluargaan, “ terangnya.

Disebutkankanya, adapun layanan yang ada di P2TP2A antara lain, penyuluhan bersama mitra kerja, menangani luka/penyakit akibat kekerasan baik rawat jalan atau inap serta pembuatan visum et repertum (atas permintaan polisi) bersama mitra kerja Dinkes, RSUD, Puskesmas Mampu Tatalaksana Penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Di bidang hukum, psikologis, home visit dan pendidikan pun kita juga mempunyai pelayanan, yaitu memberikan pelayanan hukum bagi korban bersama mitra kerja unit PPA Polsek/Polres, LBH, Peksos dan memberikan kenyamanan bagi korban dan membantu mereka agar mampu mengambil keputusan serta pilihan yg diperlukan agar kembali berdaya bersama mitra kerja peksos, psikolog, “ tukasnya.

Ny. Lucy Genius berharap program roadshow anti kekerasan terhadap anak dan perempuan ini dapat menginspirasi dan mendorong para kader kader PKK, guru-guru PAUD, para pegiat perlindungan anak, tokoh ulama, dubalang dan yang lainnya di masing-masing kelurahan/desa untuk menjadikan RT, RW serta kelurahan menjadi tempat yang ramah anak dan anti kekerasan terhadap anak dan perempuan. (agus).

Pos terkait