Dosen Akper Nabila Gelar Pengabdian Masyarakat

oleh -188 views
Dosen dan mahasiswa Akper Nabila Padang Panjang, foto bersama di sela-sela acara pengabdian masyarakat. (ist)
PADANG-Dosen Akper Nabila Padang Panjang menggelar pengabdian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kebun Sikolos Kampung Manggis Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (19/12).
Pengabdian masyarakat kali ini mengambil tema “Deteksi diabetes dan hipertensi,” dipimpin langsung Ketua UPPM Akper Nabila Ns. Febria Syafyu Sari. M. Kep dan melibatkan 4 (empat) mahasiswa, Hasnah Nur Hiqiyah, Putri Stefani, Safinatul Hay, dan Dio Ananda.
Tim memberikan layanan cek glukosa darah dan tensi secara gratis serta penyuluhan tentang jus lidah buaya, diabetes dan hipertensi. Hal ini hasil dari penelitian Febri yang pernah dilakukan pada penderita diabetes.
“Saya melakukan pemeriksaan pada 115 jiwa, berusia antara 50-70 tahun,¬† ¬†pekerjaan IRT dan pensiun. Hasil pemeriksaan gula darah yang mengalami diabetes sebanyak 34 orang dan hipertensi sebanyak 19 orang,” katanya kepada Singgalang, Kamis (20/12).
Ia mengatakan, bagi masyarakat yang menderita penyakit tersebut segera dirujuk, untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Dokter Yenni, Pembina Prolanis Puskesmas Kebun Sikolos, siap membantu masyarakat.
“Pelayanan pemeriksaan gula darah dan tekanan darah, selalu diikuti warga dengan sangat antusias. Apalagi wilayah ini dekat dengan pasar dan keramaian,” tambah Febri.
Selain itu, panitia juga menyediakan door prize saat acara, supaya masyarakat yang ikut lebih semangat lagi.
“Kami berharap apa yang telah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Akper Nabila, membuat masyarakat mampu mengetahui penyakit sejak dini, menghindari komplikasi dan meningkatkan pengetahuan,” ungkapnya.
Diabetes dan hipertensi harus segera dicegah dan ditangani, karena dapat beresiko tinggi, salah satunya stroke. Untuk mencegah itu semua,  harus menjaga pola hidup sehat seperti mengurangi stres, menjaga pola makan, olahraga dengan jalan kaki 30 menit setiap hari serta mengurangi berat badan, bagi yang kegemukan. (106)
Loading...