Disambut Kesenian Pakpuk Melayu Kafilah Sumbar Siap Ukir Prestasi

oleh
MEDAN-Tim kafilah Sumbar sudah tiba di Medan. Tiga hari jelang pembukaan resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII tim Kafilah Sumbar, sudah menjalani sejumlah persiapan.
Kedatangan kafilah-kafilah Sumbar tersebut dipimpin langsung Kepala Biro Bina Mental dan Kesra, Sekretariat Provinsi Sumbar, Ifrah.
Sumbar yang berkekuatan 81 kafilah sampai di Kualanamu International Airport sore kemarin. Kedatangan mereka disambut dengan pengalungan ulos oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Agustama, dan diiringi dengan hiburan seni tradisi Deliserdang, pakpung Melayu. Selama di Medan, tim Kafilah Sumbar akan menginap di Cordela Hotel.
Ifrah menyebut, qori dan qoriah Sumbar secara teknis sudah siap untuk bisa mengukir prestasi. Dalam hal ini merealisasikan target meraih posisi lima besar. Sebelumnya, pada MTQ Nasional XXVI Nusa Tenggara Barat 2016, Sumbar berada pada peringkat ketujuh.
Itu tak lepas dari rangkaian persiapan yang telah dilalui Sumbar dalam beberapa bulan terakhir. Seperti pemusatan latihan yang digelar sebanyak tiga kali oleh Pemerintah Provinsi Sumbar dan dua kali oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar. Terakhir, sebelum sampai di Medan, selama tiga hari, qori dan qoriah Sumbar melakukan pemantapan di Jakarta.
“Terjadi peningkatan dalam latihan ke latihan. Ini diakui pelatih nasional,” ungkap Ifrah terkait kesiapan qori dan qoriah Sumbar secara umum.
Pada MTQ nasional kali ini, qori dan qoriah Sumbar berjumlah 48 orang. Mereka akan bertanding pada 22 golongan dari delapan cabang (ralat dari berita sebelumnya, 17 golongan dari sembilan cabang).
Dari 17 golongan itu, sebagaimana diungkapkan wakil pimpinanTim Kafilah Sumbar, Karimis, Sumatera Barat akan mengandalkan delapan golongan untuk bisa meraih prestasi terbaik. “Yakni tilawah putra, tilawah putri, tahfiz 5 juz, tahfiz 10 juz, tahfiz 20 juz, tafsir bahasa Arab, tafsir bahasa Indonesia, dan sarhil putri,” tutur Kepala Bagian Bina Mental, Biro Bina Mental dan Kesra, Sekretariat Provinsi Sumbar itu. (yose)
Loading...