Dewan Nilai Target Pendapatan BLUD Rendah

DPRD Sumbar. (singgalang)

PADANG – DPRD Sumbar pertanyakan target pendapatan dari badan layanan umum daerah (BLUD). Target yang ditetapkan Pemprov dalam APBD  2018 dinilai terlalu rendah. Pada APBD perubahan Tahun 2018 dan APBD  2019 jumlahnya diminta untuk ditingkatkan.

Anggota DPRD Sumbar, Armiati mengatakan pada APBD  2018 tercatat target pendapatan senilai Rp5,9 triliun. Dari jumlah itu terdapat pendapatan dari penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) lain-lain yang sah senilai Rp466,13 miliar. Salah satunya berasal dari pendapatan yang berasal dari penerimaan dari BLUD sebesar Rp353 miliar.

Armiati menilai seharusnya target pendapatan dari BLUD bisa lebih tinggi dari itu. Menurut dia BLUD di Sumbar memiliki potensi yang cukup bagus untuk bisa mencapai target pendapatan yang  lebih tinggi.

“Apakah pada jumlah target itu sudah dengan mempertimbangkan dan menghitung target maksimal semua BLUD di Sumbar?” ujar Armiati, Selasa (17/4).

Dia mengatakan, Pemprov perlu memberikan data yang pasti tentang potensi pendapatan yang bisa diraup tiap-tiap BLUD. Datanya benar-benar data yang optimis dan realistis.

Terkait pendapatan dari BLUD tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan jumlah pendapatan dari BLUD untuk  2018 tersebut sudah meningkat dibanding  2017. Pada  2017 hanya
Rp312 miliar. Sementara untuk  2018 Rp353 miliar.

“Jumlah target tersebut sudah sesuai dengan analisa pencapaian optimal masing-masing BLUD di Sumbar yang terdiri dari rumah sakit dan UPTD Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM) Dinas Kesehatan Sumbar,” ujarnya. (titi)

Loading...