Desri Ingin Relawan Bencana Ada di Tingkat Kelurahan

Desri Ayunda saat mengunjungi korban yang rumahnya tertimpa pohon akibat kencang. (*)

PADANG – Calon Wakil Walikota, Desri Ayunda mengunjungi rumah yang tertimpa pohon akibat angin kencang di Kelurahan Parupuk Tabiang Kecamatan Koto Tangah. Kehadirannya diharapkan dapat meringankan beban yang dialami oleh warga tersebut.

Sebelumnya, akibat kejadian tersebut, Sepriadi (40) mengalami patah tulang. Menurut Sepriadi, kejadian sekira pukul 16.30 WIB pada Jumat, 18 Mei 2018.

“Angin sangat kencang waktu itu, sehingga menumbangkan pohon kedondong yang ada samping rumah saya dan menghancurkan rumah semi parmanen milik keluarga saya ini,” ujarnya.

Di rumah itu, Sepriadi tinggal bersama istrinya Nina (38) dan anaknya Adam Sesar (6). Parahnya, akibat kejadian tersebut tak hanya Sepriadi yang mengalami patah tulang, tetapi anaknya Adam Sesar mengalami luka di kepala.

“Alhamdulillah, kami sudah mendapatkan pertolongan medis,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Desri Ayunda menyampaikan rasa belasungkawa atas musibah yang dialami oleh Sepriadi dan keluarga. Menurutnya, penanganan korban bencana alam, seperti puting beliung adalah tanggung jawab bersama.
Menurutnya, pemerintah wajib membantu korban bencana, tak cukup dengan datang membawa mie instan, sarden, dan matras saat kejadian menimpa warga.

Apalagi, penanggulangan bencana sudah ada acuannya di PP nomor: 21 tahun 2008 tentang Penanganan Korban Bencana, dimana dikatakan penanganan korban bencana tidak hanya dilakukan saat terjadi bencana, tetapi juga penangulangan bencana pra bencana.