Desa Pauh Barat Jadi Lokasi Museum Lokomotif

  • Whatsapp
Kadivre II PT KAI Sumbar  Insan Kesuma  dan rombongan  didampingi  pihak Pemko Pariaman meninjau lokasi rencana  tempat  museum  lokomotif dan gerbong di Kota Pariaman. (kominfo)
PARIAMAN – Dusun Pasir Utara, Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah  direncanakan jadi lokasi museum lokomotif  dan gerbong Kereta Api.  Kepala Divisi Regional (Kadivre) PT Kereta Api Indonesia Wilayah Sumbar, Insan Kesuma, bersama jajarannya melakukan survey lokasi didampingi  Plh. Sekdako Fadli, Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian, Camat  Pariaman Tengah dan Kepala  Desa Pauh Barat  dan lainnya, Ksmis (13/8).
Sebelum menuju lokasi  rencana  yang sjap  dijadikan  museum tersebut, rombongan  Kadivre II PT KAI Sumbar  diterima Sekdako didampingi  sejumlah  Kepala OPD di ruang  kerjanya.
Kedatangan  Kadivre II PT KAI Sumbar  dan jajaran menandakan permintaan  Pemko Pariaman  atas lokomotif dan gerbong  yang tidak berguna  dijadikan  museum di Kota  Pariaman.
Fadli menyampaikan, adapun lokasi yang  telah di sepekati bersama yakni di kawasan Pantai Pauh Barat, dekat GOR Pauh. Di samping  sebagai lokasi daya tarik wisata, keberadaan museum ini juga sekaligus menjadi wisata edukasi pengetahuan tentang kereta api, khususnya yang pertama kali digunakan sebagai angkutan orang dari Padang ke Pariaman.

Bacaan Lainnya

Kadivre PT Kereta Api Indonesia Wilayah Sumbar, Insan Kesuma, mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa persyaratan atas permintaan Walikota Pariaman terhadap satu unit lokomotif beserta satu unit gerbong “Dang Tuanku”  yang akan ditempatkan di Kota Pariaman sebagai museum kereta api nantinya.

Dijelaskannya bahwa  hasil survei yang di lakukan , nantinya akan di sampaikan  ke PT KAI pusat, karena pada dasarnya pihak PT KAI telah menyetujui permintaan tersebut atas sebuah lokomotif dan gerbong yang telah purna tugas yang saat ini terletak di stasiun Kereta Api Simpang Haru, Padang. (agus)

Pos terkait