Dari Pengabdian Masyarakat Dosen FIK UNP, Inovasi Rancang Web Pantau Target Latihan Cricket 

  • Whatsapp
MENERANGKAN - Rommi Mardela, M. Pd saat menerangkan cara meng-input data ke dalam website kepada peserta, Selasa (13/10) di ruang Laboratorium FIK UNP. (dede amri)

PADANG – Inovasi dilakukan para dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP). Website dirancang untuk memantau target latihan atlet cabang olahraga cricket.

Empat dosen itu dimotori oleh Romi Mardela, M. Pd dibantu oleh Dr. Yendrizal, Septri, M.Pd, dan Jeki Hariyanto, M. Pd.

Bacaan Lainnya

Website itu https://cricket.sumberbit.com. Kegiatan itu guna penelitian bagi Romi Mardela cs., untuk tahun 2021 sekaligus sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni melakukan pengabdian masyarakat.

“Saya mempunyai ide untuk membuat website ini untuk para pelatih cricket agar bisa memantau perkembangan atletnya setiap hari,” kata Romi Mardela disela-sela memberikan materinya dihadapan para mahasiswa sekaligus atlet criket Sumbar, Selasa (13/10) di ruang Laboratorium FIK UNP, Air Tawar.

Pembuatan website Cricket Conditioning ini masih dalam tahap uji coba. “Mudah-mudahan dalam pekan ini tuntas web ini,” kata Romi.

“Kita berharap para pelatih dan atlet bisa memantau aktivitas harian. Baik itu memonitor kondisi fisik setelah melakukan latihannya. Jadi aktivitas itu bisa ditampilkan di website,” sambung Romi dan dibenarkan oleh Jeki Hariyanto.

Yang terpantau aktivitas latihan para atlet itu berupa, lari, skiil cricket, gym, recovery dengan pola berenang, serta game (permainan).

Romi pun berharap website ini juga bisa juga dipergunakan pelatih cabor lain.Buat Alat akurasiYang membanggakan pula Romi Mardela memiliki ide dalam pembuatan alat akurasi bowling cricket berbasis digital.

CARA KERJA- Adil Vitra, S.ST pembuat alat akurasi bowling cricket berbasis digital tengah mempraktekkan cara kerja alat tersebut kepada peserta, Selasa (13/10) di ruang Laboratorium FIK UNP, Air Tawar. (dede amri)

Alat itu pun kemarin diuji cobakan. “Ya, alat ini masih dalam tahap uji coba. Alat ini nanti fungsinya membuat rekaman di mana titik jatuh bola usai melakukan lemparan yang cara kerjanya mempergunakan sensor ultrasonik (gelombang),” kata Romi.

Pembuatan alat itu bekerjasama dengan mahasiswa jebolan FT UNP jurusan Elektro, Adil Vitra, S.ST. Sedangkan yang mendasain alat itu dosen FT UNP, Dwiprima Elvanny Myori, M.Si, dan Dr. Fadli.

“Ide buat alat ini Bapak Romi Mardela. Kami hanya merancang sekaligus mendesainnya. Alat ini masih dalam tahap uji coba dan baru fokus kepada merekam posisi titik jatuhnya bola cricket,” terang Adil Vitra.

Dikatakan Adil Vitra, alat ini akan dicoba untuk dikembangkan dan masih butuh uji coba lanjutan.Diakui oleh Romi Mardela alat yang dibuat Adil Vitra berkolaborasi dengan dosen FT itu masih ada kendala, terutama menangkap kecepaatan bola. Selain itu kegunaannya baru untuk nomor boiler dicabang criket.

“Makanya masih akan terus kita kembangkan dan butuh uji coba lanjutan. Namun kami bangga sekali kawan kita dari FT telah mampu membuat alat akurasi bowling cricket berbasis digital ini,” tutup Romi Mardela.

Salah seorang peserta, Adek saat ditanya adanya pengenalan website ini menyambut gembira. “Dengan adanya website Cricket Conditioning ini sangat terbantu. Kita bisa memantau perkembangan fisik dan lainnya setiap hari,” komentar Adek.

Setali tiga uang dengan Adek, Riki Elis juga merasa gembira dengan ide dan inovasi kolaborasi dosen FIK dengan FT dalam menciptakan alat akurasi bowling cricket berbasis digital tersebut.

“Keakurasian lemparan kita langsung terpantau oleh alat ini,” ujar Riki Elis.

Kegiatan pengenalan website Cricket Conditioning dan uji coba alat akurasi bowling cricket berbasis digital itu diikuti sedikitnya 20 atlet. Usai diperkenalkan langsung dipraktekkan para peserta. (D2)

Pos terkait