Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular Piton Sepanjang Lima Meter

  • Whatsapp

Payakumbuh – Damkar Kota Payakumbuh berhasil mengevakuasi ular jenis piton sepanjang lima meter dari perumahan warga. Sebelumnya, ada laporan warga terkait keberadaan seekor ular piton besar yang sempat menggegerkan warga di Perumahan Griya Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra, Senin (21/9) mengatakan, berawal saat Tati Warni, warga setempat yang sedang memotong rumput untuk makanan ternaknya. Namun, tiba-tiba ia melihat seekor ular piton sedang berdiam diri di bawah pohon yang sudah mati.

“Kemudian penemuan ular itu dilaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Tak berselang lama petugas Damkar datang ke lokasi dipimpin Danru 1, Indra Jaya bersama petugas Damkar lainnya seperti Yulvi Saputra, Soneta Eka Putra, Alpin Naldi, Gifari dan Ari Sevindi.

“Sesampainya di sana, bersama warga setempat dilakukan pengecekan lokasi, mengamankan area, serta mempersiapkan peralatan. Kemudian petugas melakukan evakuasi dan pengambilan ular tersebut, dengan posisi ular yang panjangnya lebih kurang lima meter itu,” tambahnya.

Dikatakan, kepada masyarakat yang butuh evakuasi hewan berbahaya, hewan berbisa, maupun penyelamatan nyawa lainnya, untuk dapat menghubungi Damkar Kota Payakumbuh. “Apabila masyarakat butuh bantuan penyelamatan dari binatang berbisa misalnya evakuasi sarang tawon, ular, biawak dan sebagainya, warga dapat menghubungi quick respon Damkar di nomor 0752 92913. Pokoknya tugas Damkar bukan hanya memadamkan api saja, tapi juga untuk penyelamatan,” kata Devitra. (207)

Pos terkait