Daerah Sekitar Aliran Batang Anak Lolo Bakal Aman dari Banjir

oleh
Tampilan Batang Anak Lolo kini, setelah di normalisas. Sungai di daerah KPGD Solok Selatan itu, kini terlihat cantik.foto diambil Minggu (25/11). (rifki)

PADANG – Mulai tahun ini, daerah sepanjang aliran sungai Anak Batang Lolo, Kecamatan KPGD Solok Selatan, ‘bakal’ bebas banjir. Dasar sungai telah dikeruk dan diperdalam, sisi kiri-kanan sungai juga diperkuat. Limpahan air dari bagian hulu yang biasanya terjadi setiap musim hujan, mulai teratasi.

Tahun lalu, sungai ini meluluhlantakan sejumlah daerah di sepanjang alirannya. Di BPBD Solok Selatan tercatat, sedikitnya empat jorong yang terkena dampak waktu itu, Jorong Batang Lolo Atas, Batu Kulambai, Anak Lolo Bancah,dan Jorong Sungai Rambutan. Sawah ladang porak poranda, rumah warga dan fasilitas umum, rusak. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Sekarang, sungai Batang Anak Lolo itu sudah dinormalisasi. Memakai anggaran BNPB 2018, sebesar Rp4,5 miliar lebih. Proses pengerjaan sedang dilakukan, duperkirakan akhir tahun ini selesai.

Pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek tersebut dari BPBD Solok Selatan, Irdahendri, Minggu (25/11) mengatakan, ada dua hal yang dilakukan di Batang Anak Lolo itu, yakni normalisasi sungai berupa pengerukan dan pembersihan sendimen lumpur dan batuan, kemudian penguatan tebing di sisi-sisi sungai, berupa pemasangan batu bronjong. Anggaran proyek dari dana siap pakai (DSP) BNPB, besarnya Rp4,5 miliar lebih.

“Sejauh ini proyek yang dilaksanakan berjalan lancar. Diharapkan, menjelang akhir tahun ini sudah rampung,” katanya. (rifki)

Loading...