Agam  

Camat Malalak Agam bersama Walinagari kunjungi Kemendes RI  

LUBUK BASUNG–Camat Malalak, Rahmat Fajri, bersama Walinagari Se-Kecamatan Malalak Kabupaten Agam kunjungi kantor Kemendes RI di ruangan Direktorat Sarpras dan PDP Jumat (14/10).

Rahmat Fajri Camat Malalak Agam selaku ketua rombongan melalui WhatsApp dari Jakarta menjelaskan, kunjungan Camat bersama Wali Nagari se Kecamatan Malalak itu diterima Direktur Sari Artha Aritonang didampingi Kepala TU Alfatah Yasin.

Kunjungan ke Kemendes RI itu terang Rahmat Fajri dalam rangka melakukan konsultasi bagaimana cara mengelola dan mengembangkan pariwisata desa yang baik di Kecamatan Malalak dan khususnya Kabupaten Agam, karena Malalak salah satu kecamatan di Agam mempunyai beragam potensi wisata memiliki destinasi wisata untuk dikunjungi baik wisatawan lokal dan mancanegara.

Dengan adanya kunjungan Wali Nagari se Kecamatan Malalak ke Kantor Kementrian Desa RI ini diharapkan mendapat masukan dalam rangka pengembangan serta pengelolaan kawasan wisata lebih baik sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki Malalak.

“Kunjungan ini juga terkait dengan program studi tiru Wali Nagari se Kecamatan Malalak di Kelurahan Mangunan dan Kelurahan Sambirejo Yogyakarta selama satu minggu perjalanan, tentunya kita harapkan kepada Wali Nagari semoga apa yang diperoleh selama melakukan studi tiru itu agar dapat dilaksanakan di Nagari masing-masing tentunya sesuai dengan kondisi serta potensi yang kita miliki,” harap Rahmat Fajri.

Dikesempatan itu, Sari Artha Aritonang , menjelaskan bahwa pariwisata desa bisa maju apabila pemerintah nagari dan masyarakatnya saling mendukung, kemudian nagari tersebut sudah mempunyai Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang telah di registrasi, sebab yang akan menjalankan pariwisata tersebut adalah BUMNag.

Dijelaskan, pariwisata desa/nagari bisa maju apabila pemerintah nagari dan masyarakatnya saling mendukung, karena keberadaan pariwisata salah satu peningkatan ekonomi masyarakat disekitar lokasi wisata, apalagi Kabupaten Agam Sumatera Barat memiliki beragam potensi wisata yang dapat disuguhkan kepada pengunjung.

Pada kunjungan tersebut, Rahmat Fajri Camat Malalak didampingi Wali Nagari menyerahkan proposal pengembamgan dan pembangunan pariwisata desa Kecamatan Malalak Agam diterima langsung Direktur Sarpras dan PDP, Sari Artha Aritonang. (Kasnadi)