Calon Anggota Polri Sumbar Jalani Tes Kesehatan Dua Kali

oleh
Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Pol.dr Danang Pamudji memberikan arahan pada panitia tes kesehatan penerimaan Polri 2018, di Mapolda.Guspa caniago

 

PADANG-Calon anggota Polri di Mapolda Sumbar, menjalani tes kesehatan sebanyak dua tahap. Tes itu dilakukan oleh Bidang Dokter dan Kesehatan (Bid Dokkes).

Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Pol dr. Danang Pamudji mengatakan prinsip seleksi pemeriksaan kesehatan calon anggota Polri 2018 di Polda Sumbar menganut prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dengan target clear dan clean serta berkualitas.

Nantinya calon anggota Polri yang ikut seleksi akan menjalani dua tes kesehatan, tahap satu dan tahap dua serta dilakukan.objektif dan normatif.
Seluruh calon anggota Polri yang ikut seleksi penerimaan baik Akpol, Bintara Tugas Umum/Khusus, dan Tamtama, mengikuti rangkain tes kesehatan berbeda.

Tahap I untuk Akpol diselenggarakan 20-22 April, tahap II 24-25 Mei. Sedangkan untuk Tamtama tahap I 5-7 Mei, dan tahap II 30-31 Mei. Dikatakan, jadwal tes kesehatan untuk Bintara Tugas Umum tahap I, 23 April – 4 Mei, dan Bintara Khusus pada 10-12 Mei.

“Pada tahap II, tes kesehatan Bintara Tugas Umum dan Khusus digabung pada 26-29 Mei,”ujar Danang.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan berdasarkan Perkap No. 7/2016 tentang pemeriksaan kesehatan penerimaan bagi calon anggota Polri. Disebutkannya, Polda menerapkan seleksi yang transparan dan akuntabel yang tujuannya tentu untuk menghasilkan SDM yang baik. Panitia seleksi diacak, termasuk juga nomor-nomor peserta seleksi juga diacak sebelum dites kesehatannya.

Pemeriksaan tahap I jelas Danang, dilakukan pemeriksaan fisik, yakni dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pada pemeriksaan itu petugas akan langsung mencatat jika ada kekurangan dari peserta seleksi.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan tahap dua yakni pemeriksaan bagian dalam tubuh, dengan ronsen, labotarium, kesehatan jiwa, rekam jantung, serta pemeriksaan lainnya.(Guspa)

Loading...