Bupati Apresiasi Pers Terkait Informasi Bencana Gempa Solsel

oleh -1.347 views
bupati saat diwawancarai wartawan di depan posko bencana, didampingi Pasi Ops. Korem. (*)

PADANg ARO – Bupati Muzni Zakaria mengapresiasi pers yang sudah menginformasikan musibah bencana gempa yang terjadi di Solok Selatan. Berkat informasi yang sudah disebar awak media, berbagai lembaga pemerintah dan swasta serta organisasi masyarakat telah menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa di tiga kecamatan di kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang itu.

Selain datang bantuan dari berbagai pihak, yang tidak kala penting adalah turunnya tim dari Kementerian PUPR RI secara lansung ke lokasi bencana. Bahkan Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno, direncanakan, akan meninjau lansung pula, lokasi bencana gempa di Solok Selatan, Minggu (3/3).

“Terima kasih pada semua wartawan  yang sudah menginformasikan kondisi bencana di Solok Selatan. Tersebarnya informasi bencana, dengan hitungan jam saja, pihak dari Kementerian PUPR RI, langsung menurunkan timnya untuk mendata rumah rusak yang akan dibangun kembali,” terang Muzni Zakaria.

Tidak itu saja, dukungan dan bantuan dari berbagai lembaga swasta, dan organisasi masyarakat juga telah langsung dirasakan masyarakat.

Selain itu, terkait adanya kebutuhan tenda untuk masyarakat, kebutuhan selimut, kebutuhan bayi, serta kebutuhan makan dan minum, bupati juga berharap untuk dapat di informasikan sesuai dengan data dan kondisi yang sebenarnya, harap Muzni Zakaria dampingi Sekdakab. Solsel. H. Yulian Efi, Ketua Baznas Solsel, H. Soewandi Soeib usai meninjau beberapa titik lokasi bencana, Jumat (1/3).

“Saat ini kita masih berharap adanya bantuan tenda, pasalnya saat ini masih terjadinya gempa susulan, setidaknya hari ini (Jumat-red) sudah enam kali gempa dirasakan masyakat”, terang Muzni Zakaria.

Terkait korban bencana gempa, Kepala Dinas Kesehatan Solsel H. Novirman, melaporkan total korban luka berat dan ringat tercatat sebanyak 61 orang.

Terkait trauma yang tengah dihadapi oleh masyarakat korban gempa, Dinas Kesehatan Solok Selatan juga sudah menurunkan tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Solsel. Pada hari Jumat (1/3), dua orang dokter diturunkan untuk membantu masyarakat yang trauma. (af)

Loading...