Bunga Bangkai Ditemukan Lagi di Agam

  • Bagikan

 

LUBUK BASUNG – Lagi bunga bangkai dijumpai di Kabupaten Agam. Bunga  jenis Amorphophallus Titanum ditemukan di Jorong Piladang, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan.

Kasi wilayah 1 Badan Konservasi Sumberdaya Alam, (BKSDA) Sumatera Barat, Khairi Ramadhan melalui Unit pengendalian Ekosistem Hutan, (PEH) Ade Putra menjelaskan, Kamis (30/3/2018), bunga yang ditemukan tumbuh dengan tinggi 2,74 meter.

Bunga itu ditemukan pertama kali oleh Mansyur (55) warga Jorong Piladang di lahan Katik Maridin yang juga warga Jorong Piladang. Ia melihat langsung di lokasi bunga tapi sayangnya bunga itusudah dalam keadaan rusak karena di bagian kelopaknya sudah tertimbun batu tanah.

Lebih disayangkan ditumbuhi pohon kayu. Bunga itu dijumpai Mansyur Senin (19/3). Bunga bangkai merupakan tumbuhan dataran rendah dari wilayah tropika. Menurut perkiraan sudah mekar selama 8 hari.

Bunga tersebut rusak oleh penduduk setempat yang tidak mengetahui bunga tersebut. Guna meantisipasi agar berikutnya tidak lagi terjadi pengrusakan, BKSDA sudah memberikan imbauan dan sosialisasi terhadap masyarakat.

Sosialisasi itu juga melibatkan walijorong. Selain itu juga dberi tanda dengan pagar pembatas, plang sebagai pertanda tidak boleh di ganggu. BKSDA minta bunga itu jangan dirusak. (lukman)

  • Bagikan