BPS Mentawai Susun Disagregasi PMTB

Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai, Naslindo Sirait menyerahkan cindera mata kepada Kepala BPS Kepulauan Mentawai, Abdul Razi usai menggelar koordinasi dan sosialisasi penyusunan disagregasi PMTB. (ricky)

TUA PEJAT – Dukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, Bidang Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Mentawai mulai April hingga Juli akan menyusun disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

Disagregasi dimaksud, merupakan pengelompokan atau perincian data tentang informasi investasi sebagai landasan program pemerintah ke depan.

Sebagai langkah awal, pada Selasa (24/4/2018), BPS Kepulauan Mentawai dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepulauan Mentawai menggelar koordinasi sekaligus sosialisasi penyusunan disagregasi PMTB dengan pihak swasta yang bergerak di bidang investasi.

“Prioritas nasional penyusunan disagregasi PMTB, dengan tujuan bagaimana pertumbuhan ekonomi lebih baik daripada sebelumnya, karna kita tahu bahwa PMTB itu adalah terkait dengan investasi fisik. BPS butuh dukungan pemerintah daerah, karna nanti BPS akan membandingkan data administratif juga terkait data survei. Pelaksanaannya dari April hingga Juli. Pengelolaannya di bulan Juli,” kata Kasi Neraca Konsumsi BPS Sumbar, Bambang Suryanggono, yang menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut, di gedung aula pertemuan Bappeda Kepulauan Mentawai.

Investasi fisik dimaksud, katanya, berupa dana-dana anggaran yang real dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk aset tetap, bisa juga dikeluarkan oleh sektor swasta dalam bentuk peralatan dan mesin, gedung, kendaraan, termasuk resort.

Nantinya dari penyusunan disagregasi PMTB ini diyakini akan menghasilkan data yang lebih rinci tentang penambahan dan pengurangan barang modal menurut jenis aset tetap, sektor institusi, dan lapangan usaha sebagai dasar untuk perumusan berbagai kebijakan dan analisis secara makro maupun mikro.

Sementara Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai, Naslindo Sirait kepada wartawan menyebutkan, pemerintah setempat  menyambut baik penyusunan disagregasi PMTB yang akan dilakukan hingga Juli mendatang.

“Kita menyambut baik program disagregasi PMTB yang akan dilakukan oleh BPS beberapa waktu ke depan,” tukas Naslindo (Ricky)

Loading...