BPJS Kesehatan Kunjungi Pasien JKN-KIS di RS dan Rumah Peserta Prolanis

oleh -671 views
Duta BPJS Kesehatan Cabang Padang berfoto bersama peserta JKN-KIS yang tergabung dalam Klub Prolanis beberapa waktu lalu

 

PADANG-Manajemen BPJS Kesehatan Cabang Padang mengunjungi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang dirawat inap Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) dan rumah Peserta Program Penanganan Penyakit Kronis (Prolanis). Hal tersebut dilakukan oleh jajaran manajemen BPJS Kesehatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke 51 pada Senin dan Selasa (15-16/7).

“Orang pasti akan bertanya, BPJS Kesehatan ini kan baru ada sejak 2014, tapi kenapa ulang tahunnya sudah yang ke 51? Jadi begini, BPJS Kesehatan itu merupakan transformasi kelembagaan dari Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan pada tahun 1968, kemudian jadi Perum Husada Bhakti pada 1984, lalu menjadi PT. Askes pada 1992. Dan yang terakhir ya sekarang ini, namanya berubah menjadi BPJS Kesehatan,” ujar Asyraf Mursalina, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang pada Jamkesnews saat kegiatan kunjungan.

Pada kesempatan HUT kali ini, tambah Asyraf, mengunjungi peserta JKN-KIS merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan. Karena selain mengunjungi pasien JKN-KIS, pada Minggu (21/7) nanti, BPJS Kesehatan akan mengadakan kegiatan senam sehat bersama dan fun games yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Padang.

Kegiatan ini disambut gembira oleh Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kota Padang, dr. Tasrif. Ia mengucapkan selamat ulang tahun untuk BPJS Kesehatan, semoga semakin jaya ke depannya dalam segala hal. “Karena BPJS Kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat, semoga kerjasama BPJS dan RS Bhayangkara terjalin semakin harmonis menghadirkan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Dan terima kasih juga telah memilih RS. Bhayangkara untuk dikunjungi, kami sangat mengapresiasi,” ungkapnya.

Bukan hanya oleh fasilitas kesehatan, kegembiraan juga dirasakan oleh Sukiyem karena merasa diperhatikan melalui kunjungan manajemen BPJS Kesehatan.  Peserta JKN-KIS kelas 3 yang dirawat di RS TNI Reksodiwiryo ini merasa senang puas atas pelayanan jaminan Program JKN-KIS. “Pelayanannya cepat, ruangannya nyaman. Tidak ada pembedaan antara yang dijamin BPJS Kesehatan dengan pasien umum seperti yang terdengar di luar sana,” selorohnya.

Siti Aminah, seorang peserta Klub Prolanis dari Puskesmas Nanggalo, Kota Padang  yang dikunjungi oleh manajemen BPJS Kesehatan di rumahnya yang berada di kawasan Siteba ini tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Ia merasa sangat bersyukur setelah menjadi peserta JKN-KIS dan masuk ke dalam Klub Prolanis karena informasi yang didapat jadi lebih mudah.

“Tidak perlu keluar uang untuk jadi peserta Prolanis, banyak kegiatan dan informasi tentang pengelolaan penyakit hipertensi yang saya derita sejak beberapa tahun lalu. Saya tidak perlu pergi ke rumah sakit, cukup di puskesmas semua sudah bisa didapat, termasuk obat. Alhamdulillah program ini baik, terima kasih BPJS Kesehatan, semoga ulang tahun ini membawa berkah dan kebaikan bagi masyarakat Indonesia,” pesannya. 107

Loading...