BPJS Kesehatan Kota Payakumbuh Beri Layanan Relaksasi Iuran Bagi Peserta JKN yang Menunggak

  • Whatsapp

Payakumbuh – Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, kini dapat sedikit bernapas lega. Pasalnya, BPJS Kesehatan memberi keringanan bagi peserta JKN yang sudah lama menunggak iuran. Hal itu disampaikan saat gelar media gathering bersama wartawan di Luak Limopuluah. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari di Tombak Resort, Kamis (17/9).

Kepala BPJS Kesehatan Kota Payakumbuh Febri Yanti, kepada wartawan yang tergabung dalam Balai Wartawan Luak Limopuluah, pada acara Media Gathering yang berlangsung mengatakan, dalam upaya memberikan sosialisasi program-program yang tengah berjalan, BPJS Kesehatan Kota Payakumbuh gelar media gathering ini.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kita lagi ada program yang namanya relaksasi iuran. Sesuai Perpres Nomor 64 Tahun 2020, kemudahan ini batas akhirnya sampai akhir Desember 2020 mendatang,” ujarnya didampingi Kabid SDM Umum dan Komlik Indra Jaya, Kabid Kepesertaan Atmi Mesra, serta Kabid Penagihan dan Keuangan, Fristy Lahira.

Menurutnya, program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap kondisi ekonomi masyarakat pasca pandemi corona yang terjadi hampir di seluruh daerah. Pemerintah, sebutnya, memberi keringanan untuk peserta JKN yang menunggak lebih dari 6 bulan.

“Program ini ditujukan terhadap para peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal dengan peserta mandiri. Kemudian juga untuk peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) atau lebih dikenal sekmen badan usaha. Misalnya, jika diantara kedua sekmen ini memiliki tunggakan iuran lebih dari 6 bulan, maka saat ini peserta cukup mendaftar dengan membayar iyuran minimal 6 bulan ditambah iyuran bulan berjalan. Maka otomatis kartunya akan diaktifkan kembali,” jelasnya.

Selanjutnya, terkait sisa tunggakan yang sudah berjalan, setelah melunasi 6 bulan maka bisa mengikuti program cicilan. “Jadi, peserta mendaftar lagi untuk ikut program cicilan. Nah, berapa yang mau dicicil, apakah 2 bulan 3 bulan, kira-kira seperti itu,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan, adanya program relaksasi iuran, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan kembali fasilitas untuk kebutuhan kesehatan ketika kartunya sudah aktif kembali. Selain meluncurkan program relaksasi iuran, BPJS Kesehatan Payakumbuh mengklaim terus meningkatkan pelayanan. Sehingga lebih mudah dalam mengakses berbagai layanan. Intinya akses bagi peserta BPJS kini lebih dipermudah, dengan berbagai layanan di kanal yang disediakan.

“Seperti dalam sistim layanan digital, kini peserta BPJS juga bisa melakukan pengecekan tunggakan tagihan, konsultasi kesehatan online serta pelayanan administrasi melalui whatsapp disingkat Pandawa, serta beberapa layanan online lainnya,” tutupnya. (207)

Pos terkait