BPJS Kesehatan Berikan Layanan Kepesertaan dan Pembayaran di Launching CFD Kota Padang

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Padang memberikan layanan kesehatan pada warga kota saat CFD.

PADANG-Minggu pagi (20/1), BPJS Kesehatan Cabang Padang turut ambil bagian dalam launching Car Free Day (CFD) yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Meski hujan sempat mengguyur Kota Padang sejak dini hari, tapi antusias masyarakat untuk tumplek-bleg di Jalan Khatib Sulaiman tetap tinggi.

BPJS Kesehatan Cabang Padang yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman memanfaatkan momen CFD untuk membuka layanan kepesertaan dan pembayaran iuran kepada dan dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Selain itu, warga yang mampir di booth BPJS Kesehatan juga diarahkan untuk mendownload aplikasi Mobile JKN dalam smartphonenya masing-masing

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina, menuturkan bahwa ia bersama seluruh Duta BPJS Kesehatan akan mendukung penuh CFD sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mencegah perkembangan penyakit kronis seperti jantung, hypertensi dan diabetes yang mostly disebabkan gaya hidup yang tidak sehat.

“Termasuk berkontribusi untuk membuka layanan kepesertaan dan pembayaran iuran seperti pagi ini di depan kantor kami. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, BPOM dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya untuk menjadikan halaman dan jalan depan kantor BPJS Kesehatan sebagai pos kesehatan, sehingga selain administrasi warga pun juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis,” tuturnya.

Asyraf menambahkan bahwa BPJS Kesehatan juga menyediakan photo booth sebagai juntrungan destinasi digital CFD di Kota Padang. “Karena di era kekinian ini, mengunggah foto di media sosial dengan background acara tertentu adalah sebuah keniscayaan,” tambahnya.

Hadirnya pelayanan Program JKN-KIS saat CFD disambut baik oleh masyarakat. Salah satunya Setyodani, warga Kota Padang ini sangat terkesan dengan aplikasi Mobile JKN. Baginya aplikasi tersebut sangat praktis karena bisa diakses oleh siapapun hanya melalui ponsel pintar tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya baru tahu bahwa sekarang tidak perlu bawa kartu fisik lagi karena ada kartu KIS digital, ubah fasilitas kesehatan bisa di aplikasi ini, membantu sekali untuk menghemat waktu. Saya harap BPJS Kesehatan buka terus tiap car free day kayak gini, kan tutup kantornya kalau minggu, jadi masyarakat tetap bisa mengakses kalau buka di CFD ini,” ujarnya.

Dipilihnya Jalan Khatib Sulaiman sebagai lokasi CFD merupakan bagian dari peringatan puncak 70 tahun perjuangan Khatib Sulaiman di Ranah Minang. Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat serius dalam menjadi Khatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional. Khatib Sulaiman sendiri merupakan seorang pejuang yang gugur dalam peristiwa Situjuh Batua, di Kabupaten Lima Puluh Kota pada tanggal 15 Januari 1949 saat mempertahankan kemerdekaan NKRI dari Agresi Militer Belanda II.

Pos terkait