Besok, KNPI Sumbar Gelar Musdaprov Pilih Ketua Baru

  • Bagikan
Ketua KNPI Sumbar, Fadly Amran bersama pengurus lainnya, pengurus DPP KNPI, panitia Musdaprov dan para pengurus MPI dan ketua-ketua OKP pada jumpa pers persiapan Musdaprov. (ist)

PADANG – Besok, Senin (8/11) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat menggelar Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) ke-15 di Hotel Truntum Padang.

Agenda rutin per tiga tahun pemuda ini, merupakan rangkaian Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimporda) yang digelar pada Agustus 2021 lalu di Kepulauan Mentawai, untuk memilih Kepengurusan KNPI Sumbar periode 2021-2024.

“Musdaprov ini sudah disiapkan jauh-jauh hari. Waktu itu ditetapkan 4 lokasi Musdaprov. Kemudian dilakukan proses verifikasi hingga diputuskan dilaksanakan di Kota Padang,” ujar Ketua KNPI Sumbar, Fadly Amran di Gedung Pemuda, kawasan GOR H Agus Salim Padang, Minggu (7/11).

Pihaknya bersama panitia baik stering commite (SC) maupun organizing commite (OC) sudah melakukan sosialisasi kepada semua pihak baik internal KNPI hingga kabupaten dan Kota maupun ke stake holder lainnya termasuk Gubernur Mahyeldi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan pihak-pihak lainnya.

Bahkan Musdaprov ini akan dibuka Wagub Audy Joinaldy secara virtual karena tengah berada di luar daerah. Acara ini pun bakal dihadiri Ketua DPP KNPI Noer Fajrieansyah bersama sejumlah pengurus pusat lainnya.

Pria yang juga Walikota Padang Panjang ini berharap Musdaprov tersebut bisa menjaring kader yang militan, berproses, serta menyuarakan suara pemuda di Sumbar untuk menjadi Ketua KNPI periode 2021-2024.”Ketua yang terpilih diharapkan menjadi reprenstasi kepemudaan, melalui Organisasi Kepemudaan (OKP) serta DPD KNPI,” jelasnya.

“Seluruh proses persiapan mulai dari tahap pendaftaran calon hingga verifikasi sudah dirampungkan, sesuai agenda maka Musdaprov akan digelar besok,” tambah Ketua SC Musdaprov, Ridwan.

Ia mengatakan tahapan persiapan Musdaprov telah dilakukan sejak 18 Oktober 2021 dengan agenda pemberitahuan tahapan Musdaprov hingga penyampaian hasil verifikasi calon pada 2 November.

Dasarnya adalah Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) KNPI Sumbar yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Agustus 2021.

Ridwan mengatakan proses pendaftaran calon ketua hingga kemudian dinyatakan lulus verifikasi dilakukan secara terbuka, memenuhi syarat, dan ketentuan. “Dari rangkaian tahapan pencalonan tersebut ada satu nama yang maju sebagai calon dan telah memenuhi persyaratan,” katanya.

Sementara Pengurus DPP KNPI, Romi menyatakan, keabsahan KNPI di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah tidak diragukan lagi. Toh satu-satunya kepengurusan di tingkat pusat yang mengantongi SK Kemenkumham.

Pengurus Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sumbar, Maidestal Hari Mahesa mengatakan, pihaknya telah bersepakat dan satu nafas hanya mengakui kepengurusan KNPI Sumbar di bawah kepemimpinan Fadly Amran dan mendukung pelaksanaan Musdaprov besok harinya.

Hal yang sama juga ditegaskan, Zaimul Bakhri dan Nisfan Jumadil. “KNPI di Sumbar hanya satu dan tetap satu ke depannya. Para pemuda mari kita ramaikan dan sukseskan Musdaprof besok,” tegas keduanya. (gv)

  • Bagikan