Berlangsung 6-10 Mei, 190 Peserta O2SN SMP Berlaga di Padang

Kepala Disdik Sumbar membuka O2SN SMP tingkat provinsi, Minggu sore (6/5). (yose)

PADANG – Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat provinsi ditabuh. Prestasi siswa tidak hanya dalam bentuk akademik, namun juga dalam bidang olahraga.

“Kita tidak hanya menjembatani anak-anak untuk berprestasi di bidang akadmik, namun juga di bidang olahraga. Kegiatan ini kita harapkan dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi nantinya, karena dari jenjang SMP ini dapat dilihat bibit-bibit atlet,”sebut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar saat membuka O2SN SMP tingkat Provinsi di gedung LK2S, Pramuka Padang, Minggu (6/5).

Dikatakannya, O2SN bagian dari proses pendidikan, selain akademik, olahraga dan seni bagi siswa. Ketiganya tetap didorong. Untuk akademik dalam bentuk olimpiade sain. Seni dapat meraih prestasi hingga tingkat nasional. Kegiatan tersebut juga tidak terlepas dari keseluruhan proses pembelajaran di sekolah.

“Olahraga akan membentuk sportifitas, olagraga tidak hanya untuk badan sehat, tapi juga cikal-bakal menjadi profesi olahraga. Bagi pemenang nantinya akan mewakili Sumbar pada tingkat nasional,”sebutnya.

Ketua Panitia, Meria Agusta dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga.

O2SN tahun ini memperlombakan lima cabang, yakni atletik dengan tiga kategori, cabang renang dengan 12 kategori, cabang bulu tangkis dengan dua kategori, cabang pencak silat dengan 5 kategori, dan cabang karate dengan 4 kategori.

Dalam mengikuti O2SN tahun ini, kabupaten/kota mengirim masing-masing kontingen sebanyak 16 orang. Terdiri dari 10 orang peserta, 5 orang pelatih dan 1 orang offisial. (yose)