Benny Utama: Banyak Objek Wisata Potensial Bisa Dikembangkan

  • Bagikan

LUBUK SIKAPING –  Bupati Pasaman H. Benny Utama paparkan program kepariwisataan Kabupaten Pasaman kepada Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam diskusi Webinar, Rabu (13/10), malam.

“Program pengembangan Pariwisata merupakan salah satu prioritas arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pasaman, yang telah dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026” terang Bupati Pasaman, H. Benny Utama.

Dijelaskan, banyak objek wisata potensial yang bisa dikembangkan di daerah ini. Mulai dari objek wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, wisata alam serta wisata edukasi, dan kulinernya.

Artinya, lanjut bupati, jika pengelolaannya dilakukan sungguh-sungguh dan terintegrasi, dengan konsep kawasan wisata terpadu, maka Kabupaten Pasaman sebagai daerah Tujuan Wisata, bukan mustahil, akan dapat diwujudkan.

Selaku pemateri tunggal dalam webinar bersama Menteri Sandiaga Uno, Bupati Benny Utama menjelaskan secara rinci arah kebijakan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Pasaman.

Disebutkan, ada 13 sasaran utama yang ingin dicapai, diantranya menciptakan daerah Bonjol sebagai kawasan wisata terpadu berskala nasional dan peningkatan manajemen dan pelayanan sektor pariwisata.

Selain itu, melalui dinas terkait, Pemkab Pasaman akan memberdayakan potensi dan kapasitas masyarakat lokal dalam pengembangan Kepariwisataan, sekaligus meningkatkan SDM pelaku pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Selanjutnya, jelas bupati, integrasi pariwisata dan ekonomi kreatif dan sinergi promosi investasi di bidang pariwisata dengan sektor terkait di dalam dan luar negeri, akan ditingkatkan.

Dan, Pemkab Pasaman juga memprogramkan peningkatkan sarana dan prasarana kepariwisataan, sembari meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata berbasis digital.

Untuk program pendukung, seperti pengembangan usaha ekonomi kreatif dan menciptakan wirausaha muda mandiri, termasuk menciptakan produk unggulan sebagai brand Kabupaten Pasaman, juga dilaksanakan secara terpadu.

“Khusus wisata lokal bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, tetap didorong agar bisa seiring sejalan, tumbuh maju dan berkembang,” ujar bupati.(Hendra)

  • Bagikan