Begini Tips Menjadi Sultan di Era Digital

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

LIMAPULUH KOTA – Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika baru-baru ini sukses menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Untuk di Kabupaten Limapuluh Kota, webinar itu digelar pada Kamis 9 September 2021 mulai pukul 13.30 WIB.

Webinar Literasi Digital 2021 itu membahas tentang Tips Menjadi Sultan Diera Digital bersama narasumber berkompeten di bidangnya.

E-Commerce & Strategic Marketing Specialist, Kevin Sutedja, S.Ikom., M.Sc dalam materinya menyampaikan seputar tips menjadi sultan di era digital.

“Kalau kita ingin membuka usaha dan bingung untuk memasarkan produknya bisa banget nih kita langsung mendaftarkan usaha kita di situs marketplace. Tentunya marketplace merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya,” katanya.

Situs marketplace akan menjadi layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. “Marketplace sendiri bisa kita artikan sebagai suatu department store-nya online store,” ungkapnya.

Pada dasarnya transaksi di marketplace seperti transaksi yang terjadi antara 2 individu. Seorang penjual memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya. Serta bagaimana mendistribusikan produknya sebaik mungkin.

“Sedangkan seorang pembeli mengharapkan keamanan dalam bertransaksi via marketplace, dan mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga sekompetitif mungkin,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam pembukaan webinar yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis/mat)

  • Bagikan